Bagaimana Caranya Bangkit Setelah Putus?

Bagaimana Caranya Bangkit Setelah Putus

Diki, Semarang.

Siang star, saya tertarik untuk mengikuti pelatihan-pelatihan dari Psikologicinta.com, tapi sebelumnya saya ingin bertanya tentang beberapa hal.

Sekarang saya sudah punya pacar, tapi kan yang namanya hubungan itu pastilah ada yang namanya akhir, akhirnya entah itu putus atau menikah.

Dan saya tidak akan pernah tahu bagaimana akhir dari hubungan saya sekarang. Sebelum berakhir tragis dengan kata putus. Saya ingin mempersiapkan diri saya. Bagaimana caranya bangkit setelah kita putus cinta?

Pas lagi cinta-cintanya malah putus kan sakit banget. Nah gimana itu biar bisa cepet sembuh dan bangkit setelah putus? Ini cuma sebagai persiapan saja, bukannya saya berharap dan berniat mengakhiri hubungan saya. Thankz.

Jawaban Rudy Star:

Saya sangat salut dengan pola pikirmu untuk melakukan persiapan sebelum badai datang. Saya senang dengan pola pikirmu untuk mengantisipasi hal terburuk yang mungkin terjadi di hubungan kalian.

Saya mengetahui maksudmu bahwa kita tidak akan pernah bisa memperkirakan sampai kapan hubungan kita akan berjalan.

Sebelum saya menjawab pertanyaanmu saya ingin sedikit menjelaskan padamu perbedaan antara pria keren berkarakter kuat dan pria yang lemah.

Pria keren berkarakter kuat idaman wanita adalah mereka yang mempunyai nyali, kejujuran, rasional dan bisa memimpin wanita. Lihat yang sengaja saya cetak miring dan tebal. Rasional. Berfikir menggunakan logika, bukan perasaan.

Jadi ketika kamu putus, ingatlah tandanya kamu memang sudah tidak cocok dan sejalan dengannya, kamu berhak dan bisa mendapatkan yang lebih cocok dan sejalan denganmu.

Ketika kamu berfikir rasional, kamu bisa menerima sakit hatimu itu sebagai langkah untuk menjalani hubungan baru, menikmati petualangan baru dengan wanita lainnya. Kamu akan menyadari bahwa lebih baik lari dari hubungan yang tidak sehat daripada memaksakan diri terus menjalani hubungan yang hanya menyakiti dirimu sendiri.

Kamu akan bertindak sesuai dengan logikamu. Dan ketika logikamu yang bertindak, kamu akan dengan mudahnya menahan rasa sakitmu.

Karena rasa sakitmu itu telah dikalahkan oleh logikamu yang terus memberimu energi positif bahwa kebahagiaanmu tidak kamu gantungkan pada wanitamu.

Kebahagiaanmu, kamu sendirilah yang ciptakan. Jadi saat wanita meninggalkanmu, bahagiamu pun tidak akan pernah pergi bersamanya, karena kamu bisa menciptakannya sendiri.

Ketika kamu menggunakan logikamu, kamu akan bisa menyusun langkah selanjutnya untuk menjalani hidupmu tanpa wanitamu, kamu akan bertindak untuk berpindah dan mencari wanita lain dengan semangat dan energi baru.

Berbeda dengan pria berkarakter lemah. Salah satu cirinya adalah mereka terlalu sensitif dan menggantungkan kebahagiaanya pada wanitanya.

Mereka akan merasa bahwa kehilangan wanitanya sama dengan kehancuran dalam hidupnya. Mereka akan menangis terisak-isak layaknya wanita dan mereka tidak bisa mengambil tindakan apa yang akan dilakukan setelah putus dengan wanitanya.

Nah sekarang saya tanya padamu. Apakah kamu adalah seorang pria keren berkarakter kuat atau pria lemah?

Kamu sendiri yang tentukan. Jika kamu memutuskan untuk menjadi pria keren, kamu tidak akan larut berlama-lama dalam rasa sakitmu, kamu akan segera bangkit dan memulai petualangan baru.

Jadi, kesimpulannya cara bangkit setelah putus pertama kamu harus menentukan sikap, apakah kamu memang seorang pria yang rasional, ataukah sensitif?

Setelah kamu bisa memilih untuk menjadi rasional, nantinya kamu akan bisa menikmati apa saja yang akan kamu lakukan setelah putus. Diantaranya kamu bisa menyusun hal-hal berikut sebagai agendamu setelah putus dan ingin segera bangkit menemukan dan menjalani petualangan baru.

  • Bergabunglah dengan komunitas sesuai hobimu. Misalnya kamu hobi camping dan naik gunung. Kamu bisa mengajak komunitas tersebut untuk berkumpul dan mendaki gunung yang belum kamu taklukan.
  • Pergi liburan! Man! Kamu bebas. Sekarang waktunya menikmati kebebasanmu dengan travelling ke tempat/negara impianmu.
  • Sibukkan dirimu dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan (nonton konser, hangout bersama temen segenk, potografi, karaoke, travelling, back packer, dll). Pokoknya jangan sampai kamu melamun sendirian atau kamu akan baper lagi dan mengingat-ingat mantanmu.
  • Perbanyak sosialisasi. Buat list teman-temanmu yang dulu waktu kamu pacaran kamu tidak pernah meluangkan waktu mu dengan mereka dan ajak mereka bertemu dan reuni.

Tapi sebelum melakukan ke-4 hal tersebut kamu harus bisa menentukan karaktermu dulu. Apakah kamu pria keren atau pria yang lemah. Pria lemah tidak akan bisa melakukan ke-4 hal tersebut.

Selamat memilih!