5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Perlu Membanding-Bandingkan Dirimu Dengan Orang Lain Dan Percaya Diri Menjadi Dirimu Sendiri

Salah satu alasan kenapa selama ini kamu masih sering merasa minder menjadi dirimu sendiri adalah karena kamu sering membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain yang lebih baik dari kamu. Padahal kalau kamu sudah bisa mengenal dirimu sendiri dengan baik, kamu tidak akan melakukan hal tersebut.

Karena saat kamu sudah mengenal dirimu dengan baik, kamu akan tahu semua kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki. Dan kamu bisa menerima semua kekurangan dengan selalu berusaha untuk memperbaikinya dan mengembangkan kelebihan yang kamu miliki.

Mengenal dirimu sendiri juga berarti kamu bisa menghargai dirimu sendiri. Kamu bisa dan berani jujur pada dirimu sendiri. Saat itulah kamu tidak akan lagi membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Kamu hanya akan fokus untuk terus memperbaiki kekuranganmu, bukannya malah terus mengeluh dan iri dengan orang lain.

Saat kamu membandingkan dirimu dengan orang lain sebenarnya kamu sedang merendahkan dirimu sendiri. Karena kamu merasa tidak lebih baik dari orang lain. Lalu kalau kamu saja berani merendahkan dirimu sendiri apalagi orang lain. Itulah yang menyebabkanmu minder selama ini, karena kamu mudah sekali direndahkan oleh orang lain.

Padahal masih banyak orang yang tidak seberuntung dengan dirimu yang sekarang. Masih banyak orang yang tidak bisa menjadi seperti dirimu sekarang dan tidak bisa mendapatkan apa yang kamu dapatkan sekarang. Hidup yang kamu keluhkan sekarang bisa jadi adalah hidup yang orang lain impikan.

Jadi belajarlah untuk bersyukur dengan apa adanya dirimu yang sekarang dan apa yang sudah kamu dapatkan sekarang. Menjadi apa adanya bukan berarti mempertahankan kebiasaan dan sifat buruk yang ada pada dirimu tapi terus berusaha untuk memperbaiki kekurangan diri.

Fokuskan saja usahamu untuk memperbaiki kekurangan dirimu daripada terus membandingkan dirimu dengan orang lain yang justru hanya akan membuatmu semakin minder. Dan keminderan ini akan menghambat kebaikan dalam hidupmu. Inilah 5 alasan kenapa kamu tidak perlu lagi membandingkan dirimu dengan orang lain dan percaya diri untuk menjadi dirimu sendiri:

1. Setiap orang punya caranya sendiri untuk menyayangi dirinya sendiri dan menunjukkan identitas dirinya

Coba kamu ingat pernahkah kamu membandingkan dirimu dengan orang yang kurang baik dari kamu? Tidak pernah bukan? Selama ini kamu selalu membandingkan dirimu dengan orang yang lebih baik dari kamu.

Sebenarnya ada baiknya saat kamu membandingkan dirimu dengan orang yang lebih baik darimu, kalau kamu bisa menjadikan ini sebagai motivasi untuk memperbaiki dirimu.

Tapi yang terjadi selama ini saat kamu membandingkan diri kalian dengan orang lain yang lebih baik adalah kalian merasa minder dan tidak bisa menjadi lebih baik dari mereka. Ini tandanya kamu tidak bisa menyayangi dirimu sendiri. Padahal setiap orang punya caranya sendiri untuk menghargai dirinya sendiri dan menunjukkan identitas dirinya.

Salah satu cara menghargai diri sendiri adalah dengan selalu memberikan sugesti positif pada diri sendiri dan menyadari bahwa setiap orang pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, setiap orang berbeda dan unik tergantung pembawaan diri orang tersebut.

Kalau kamu memang tidak setampan dan sekaya dia, kamu pasti punya nilai plus yang dia tidak punya. Mungkin kamu lebih pandai bergaul dan punya banyak teman dibanding dia yang selalu disibukkan dengan kesibukannya mencari uang. Coba kamu cari tahu apa kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki agar kamu benar-benar mengenal kualitas dan kelebihan dirimu.

2. Setiap orang punya perjuangan yang berbeda-beda untuk mendapatkan apa yang diinginkannya

Mungkin inilah yang menyebabkanmu harus selalu membandingkan dirimu dengan orang lain karena perjuanganmu untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan belum semenyakitkan dan semelelahkan orang yang membuatmu iri selama ini.

Kamu tidak tahu perjuangan yang dia lakukan menjadi seperti sekarang ini, yang kamu tahu hanya melihatnya sesukses sekarang. Coba kamu evaluasi diri kamu apakah kamu memang sudah memperjuangkan apa yang kamu inginkan selama ini sampai kamu benar-benar bisa mendapatkannya atau malah kamu adalah orang yang cepat menyerah?

Jangan membanding-bandingkan dirimu, tapi bandingkan perjuangan kalian agar kamu termotivasi untuk melakukan perjuangan yang sama atau bahkan lebih baik darinya untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan.

3. Kamu tidak perlu menjadikan dirimu sama “Sempurnanya” dengan teman-temanmu yang terlihat “Sempurna”

Jangan hanya iri dengan kesempurnaan yang teman-temanmu miliki, lantas kamu ingin menjadi seperti mereka juga. Harusnya kamu tahu bahwa setiap orang punya porsi kesuksesan masing-masing tergantung perjuangan yang mereka lakukan. Kamu hanya melihat yang dia dapatkan sekarang tanpa tahu proses panjang dan melelahkan yang sudah dilaluinya.

Lebih baik kamu fokus untuk memperjuangkan apa yang kamu inginkan sebaik mungkin tanpa membandingkan hasil yang akan kamu dapatkan nantinya. Kalau kamu memang sudah mengusahakan yang terbaik, yakin saja kamu pasti akan mendapatkan apa yang kamu inginkan. Setidaknya kalaupun kamu gagal, kamu pasti mendapat pengalaman untuk menghindari kesalahan yang sama di masa depan.

4. Kamu tidak akan pernah bisa memuaskan semua orang untuk menjadi seperti yang mereka inginkan

Kamu selalu membandingkan dirimu dengan orang lain karena kamu berusaha untuk memuaskan dan memenuhi ekspektasi orang lain terhadapmu. Kamu harus seperti ini dan seperti itu. Dan itulah yang membuatmu merasa kamu tidak bisa sebaik mereka.

Padahal kenyataanya kamu tidak akan pernah bisa memuaskan semua orang untuk menjadi seperti yang mereka inginkan. Kamu harus berani jujur pada dirimu sendiri dengan melakukan apapun yang kamu inginkan dan menjadi dirimu sendiri. Lakukan sesuatu karena keinginanmu sendiri, bukan karena tuntutan orang lain kamu harus seperti ini dan seperti itu.

 5. Orang yang kamu kira “sempurna” hidupnya pasti pernah melakukan perjuangan yang melelahkan dan menyakitkan yang belum pernah kamu rasakan

Daripada kamu hanya membandingkan dirimu dengan orang lain coba kamu evaluasi perjuangan yang kamu lakukan selama ini apakah kamu sudah melakukan perjuangan yang sebanding dengan apa yang kamu inginkan atau perjuanganmu masih setengah-setengah. Inilah yang membuatmu selalu gagal mendapatkan apa yang kamu inginkan, kamu menyerah ditengah jalan.

Dan dengan kegagalanmu itu kamu bukannya bangkit memperbaiki kesalahanmu tapi kamu malah membandingkan dirimu dengan orang yang sudah berhasil tanpa tahu perjuangan yang sudah dilaluinya.

Kenyataannya adalah kesuksesan seseorang itu sebanding dengan perjuangan yang mereka lakukan. Kalau sekarang kamu belum bisa seperti mereka bisa jadi karena perjuangan yang kamu lakukan belum seberat dan sesulit yang mereka lakukan.

Terus membandingkan dirimu dengan orang lain hanya akan membatasi dan menghambatmu untuk berani mengusahakan hal baru. Karena saat kamu sudah membandingkan dirimu dengan orang lain, kamu akan selalu menemukan kemungkinan-kemungkinan buruk saat kamu ingin mengusahakan hal baru. Kamu tidak yakin kalau kamu bisa melakukan hal yang lebih baik dari yang orang lain bisa lakukan.

Misalnya saja kebiasaan membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain ini muncul saat kamu ingin mendekati dan berkenalan dengan wanita yang kamu suka.

Kamu pasti akan berpikiran kalau wanita itu tidak mau kamu ajak kenalan karena ada pria yang lebih tampan, kaya dan pintar dibanding kamu. Dan setelah kamu berpikiran seperti itu kamu akan mulai dipenuhi dengan 7 ketakutan saat mendekati wanita dan membuatmu mengurungkan niatmu untuk berkenalan dengan wanita yang kamu suka.

Itulah yang membuatmu bertahan dengan kesendirianmu selama ini. Kebiasaan membanding-bandingkan dirimu, meremehkan dirimu sendiri inilah yang membuatmu merasa minder untuk mendekati wanita yang kamu suka.

Mulai sekarang, biasakan dirimu untuk menerapkan 5 aturan psikologi ini agar kehidupanmu lebih baik dan bahagia. Karena saat kamu tidak bisa menghargai dirimu sendiri dengan tidak membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain, bagaimana mungkin kamu bisa membuat wanita bisa menghargai dirimu?

Berikan kebaikan untuk untuk dirimu sendiri, mulai dari belajar menghargai dirimu sendiri, sayangi, kenali, mengerti dan pahami dirimu sendiri sebelum kamu memutuskan untuk mempunyai pasangan. Karena setelah kamu bisa memberikan semua kebaikan untuk dirimu sendiri, kamupun akan lebih mudah mendapatkan kebaikan dari pasanganmu nantinya.

Saat kamu sudah memberikan kebaikan pada dirimu sendiri, kamu tidak akan lagi membiarkan orang lain memperlakukanmu seenaknya karena kamu punya batasan diri perlakuan seperti apa yang ingin kamu dapatkan dari pasanganmu, kamu tahu benar pasangan seperti apa yang kamu inginkan, sikap seperti apa yang kamu harapkan dari pasanganmu.

Belajarlah untuk bisa menghargai dirimu sendiri dengan tidak membanding-bandingkan dirimu sendiri dengan orang lain dan menerima semua kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki.

Setelah kamu bisa menghargai dirimu sendiri, kamu akan lebih merasa bebas untuk melakukan dan mengatakan apapun yang kamu inginkan karena kamu akan mendapatkan kepercayaan diri dari penghargaan terhadap dirimu sendiri itu.

Penghargaan lain yang bisa kamu berikan pada dirimu sendiri adalah dengan fokus memperbaiki kekuranganmu selama ini. Coba cari tahu apa kekurangan yang kamu miliki selama ini sehingga selalu gagal dan ditolak wanita yang kamu suka.

Dari memperlajari kekurangan yang kamu miliki inilah kamu tahu apa yang harus kamu lakukan untuk memperbarui keberuntungan baru mu dalam hal asmara. Caranya? Perbaiki kualitas karakter mu agar sebanding dengan kualitas karakter wanita yang kamu inginkan.

Kalau kamu ingin mendapatkan wanita yang cantik, mandiri, cerdas dan percaya diri setidaknya jadikan dirimu pria mapan, berpendidikan dan dewasa.

Sudahkah kamu punya kualitas yang wanita inginkan dari dirimu kamu? Kualitas Pria Idaman wanita? Kamu bisa menjadikan dirimu pria berkualitas idaman wanita bersama kami di Pelatihan Memikat Hati Wanita.

 

mm

Seorang Konsultan & Pelatih Psikologi Cinta yang suka tampil seksi. Novia Moon menjadi “dewi penolong” bagi ratusan pria yang tersesat dalam kegagalan asmara.