9 Cara Komunikasi Cerdas Agar Hubunganmu Tidak Membosankan

Hubungan yang awalnya seru dan menyenangkan bisa jadi membosankan karena komunikasi yang monoton dan kalian tidak punya inisiatif untuk membuat komunikasi cerdas yang kreatif yang belum pernah kalian lakukan.

Komunikasi monoton inilah yang membuat kemesraan diantara kalian berkurang dan karena berkurangnya kemesraan inilah berkurang pula kadar cinta dan membuat kalian lebih mudah bosan menjalani hubungan kalian.

Jadi, mulai sekarang agar kalian tidak cepat merasa bosan menjalani hubungan kalian, kalian harus mencoba 9 cara komunikasi cerdas ini untuk membuat hubungan kalian kembali menyenangkan seperti awal kalian jadian. Selain itu komunikasi yang cerdas juga bisa meningkatkan kemesraan dan keromantisan kalian dalam menjalani hubungan.

Jangan hanya selalu menunjukkan cinta dan keromantisanmu hanya dengan mengucapkan cinta dan sayang mu melalui chat maupun telepon. Hal itu sudah terlalu sering dan membosankan. Jadilah kreatif dengan mencari alternatif komunikasi cerdas lain yang lebih kreatif agar hubunganmu tidak mudah membosankan.

Kamu bisa lakukan 9 cara komunikasi cerdas ini agar hubunganmu tidak membosankan lagi:

1. Membuat diary bersama untuk mengatakan perasaan kalian

Daripada hanya sekedar mengirim pesan, chat atau telpon untuk mengatakan perasaan sayang kalian, kalian bisa membuat diary bersama untuk menuliskan perasaan kalian masing-masing pada pasangan. Diary ini juga yang akan menghubungkan kalian untuk belajar saling mengerti dan memahami perasaan pasangan.

Karena dengan menulis, kita lebih bebas untuk mengatakan semua yang kita rasakan dan lebih bisa terbuka untuk mengatakan apa yang kita suka dan tidak sukai dari pasangan, apa yang perlu diubah dan diperbaiki dari pasangan dan tentunya dengan menulis juga kita menghilangkan gengsi dan ego kita untuk mengatakan terimakasih, maaf maupun masalah dan keluhan kita pada pasangan.

Jadi, tidak ada salahnya kalian mencoba untuk membuat diary bersama pasangan untuk mengetahui perasaan pasangan kalian. Dan buat kesepakatan dan komitmen untuk membuat minimal satu atau 2 tulisan dalam diary bergantian.

2. Mengirimkan video penyemangat dan motivasi pendek

Kamu bisa mengirimkan video penyemangat dan motivasi pendek pada pasangan untuk menunjukkan apresiasi dan rasa terimakasihmu pada pasangan yang selalu mendukung dan memotivasimu untuk menjadi orang yang lebih baik selama ini atau berterimakasih karena pasangan bisa menerima semua kekurangan dan kelebihanmu.

Pasangan pasti akan terkesan dengan video yang kamu kirimkan padanya karena kamu meluangkan waktu mu untuk memberinya semangat. Dan dia pasti akan membalasmu dengan hal yang lebih dari yang sudah kamu berikan untuknya. Pasangan pasti akan lebih menyayangi dan peduli padamu.

 3. Buat memo sebagai ucapan terimakasih maupun memberi semangat pada pasangan

Kamu bisa menulis pesan singkat di selembar kertas yang kamu selipkan pada diary atau tas pasangan untuk mengucapkan terimakasih karena sudah meluangkan waktunya menemani dan selalu mendukungmu selama ini.

Atau saat pasangan sedang ada presentasi dan menghadapi situasi sulit, kamu bisa menuliskan memo penyemangat kecil dan minta padanya untuk membaca saat dia akan presentasi. Memo kecil penyemangat itu pasti akan menambah semangat dan keberaniannya untuk presentasi karena kamu percaya dengan kemampuannya.

4. Buat kartu ucapan untuk pasangan

Luangkan waktumu untuk membuat kartu ucapan sendiri untuk pasangan. Kamu bisa membeli kertas karton dan beberapa alat tulis kreatif di toko buku untuk membuat kartu ucapan.

Tunjukkan kreatifitasmu untuk membuat kartu ucapan, misalnya saja dengan menempelkan foto-foto kalian dan tulis sesuatu yang menunjukkan betapa bahagia dan bangganya kamu bisa memiliki pasanganmu.

Pasangan mana yang tidak luluh membaca dan menerima kartu ucapan yang menunjukkan betapa kamu menyayangi dan menghargainya. Dia pasti akan sangat bersyukur karena punya pasangan sepertimu yang selalu menghargai dan mambuatnya menjadi wanita yang sangat spesial.

 5. Saling mengirim surat

Daripada kamu selalu memanfaatkan sosial media, email, sms, chatting ada baiknya juga kamu mencoba untuk saling mengirim surat loh. Ini hampir sama dengan diary bersama, bedanya kalau surat kamu lebih bisa menambahinya dengan pernak-pernik sesuai dengan kreatifitasmu.

Saling mengirim surat tidak hanya cocok untuk dilakukan pasangan yang LDR, Kalian pun harus mencobanya sebagai salah satu variasi komunikasi kalian agar tidak monoton. Dengan surat juga kalian lebih leluasa dan bebas mengatakan uneg-uneg kalian selama ini yang tidak cukup kalian sampaikan dengan kata-kata.

6. Menulis puisi

Kalau kamu memang punya bakat dan hobi menulis, kamu bisa salurkan perasaanmu pada pasangan dengan menuliskan puisi untuknya. Bukankah inspirasi terbaik untuk menulis adalah orang yang kita sayangi?

Kamu bisa menuliskan betapa kamu mengagumi semua hal tentang dirinya, mulai dari kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya dan betapa besarnya rasa syukurmu karena memiliki dia yang selalu bisa mengerti dan memahami mu apapun kondisi kalian.

Kamu tidak perlu membuat bait yang panjang, yang penting apa yang kamu sampaikan bisa membuatnya merasa menjadi wanita beruntung karena telah kamu pilih menjadi pasangannya.

 7. Menciptakan lagu untuk pasangan

Nah untuk kamu yang punya bakat dalam bidang musik, kamu juga bisa manfaatkan bakatmu untuk menciptakan lagu untuk pasangan.

Wanita mana yang tidak luluh dengan lagu yang liriknya dikhususkan untuknya. Kamu hanya perlu menyampaikan perasaan tulusmu padanya dan kamu nyanyikan lagu ciptaanmu itu untuknya.

Tapi tenang saja kalaupun kalian memang tidak punya bakat dalam bidang musik atau bahkan menciptakan lagu, kamu bisa membuat kumpulan lagu kenangan yang berkesan untuk kalian berdua atau lagu kesukaan kalian dalam sebuah CD dan kamu berikan padanya atau kalian bisa mendengarkannya bersama di moment-moment tertentu.

8. Memasak makanan kesukaan pasangan

Kalau yang satu ini pasti belum pernah kamu coba kan? Apalagi sebagai pria kamu pasti tidak pernah masuk dapur. Tapi tidak ada salahnya kamu belajar masak makanan kesukaannya yang paling mudah. Tidak usah takut tidak enak, karena pasangan pasti akan tetap menghargai usaha dan kepedulianmu padanya.

Tapi kalau kalian memang tidak punya waktu untuk memasak makanan kesukaan pasangan, kalian bisa memesan sekotak bekal makanan untuk pasangan dan memberikannya pada pasangan. Bukankah ini perhatian kecil yang manis untuk membuatnya makin sayang padamu?

 9. Tunjukan kreatifitas mu dengan bakat yang kamu punya

Kalau kamu memang orang yang kreatif dan punya bakat dalam bidang seni, kamu bisa menunjukkan kreatifitasmu dengan membuat karya seni untuk pasangan.

Misalnya saja melukiskan foto kalian berdua atau membuat figura yang unik untuk kumpulan foto kebersamaan kalian atau bahkan album foto-foto aneh kebersamaan kalian.

Apapun bentuk kreatifitasmu jangan takut pasangan tidak suka, sekali lagi yang terpenting adalah usaha dan kepedulianmu untuk membuat komunikasi kalian tidak monoton.

Komunikasi yang monoton akan membuat hubungan kalian lebih cepat membosankan. Itulah kenapa kalian membutuhkan cara komunikasi cerdas sesuai dengan kebutuhan dan kepribadian kalian masing-masing.

Cari komunikasi yang paling membuat kalian nyaman dan membuat hubungan kalian selalu penuh dengan keintiman dan keromantisan.

Dengan keintiman dan keromantisan inilah yang membuat kadar cinta kalian pada pasangan tidak akan pernah berkurang dan hubungan kalian juga semakin berkembang dan menyenangkan. Karena komunikasi yang baik saja tidak cukup untuk mempertahankan hubungan kalian, kalian membutuhkan komunikasi yang cerdas agar hubungan kalian tidak cepat membosankan.

Hubungan menjadi membosankan karena kalian berdua yang tidak pernah mengusahakan untuk mencoba mencari alternatif komunikasi cerdas lain dan mencoba hal baru dalam hubungan kalian.

Padahal salah satu penyebab terjadinya konflik dalam hubungan yang membuat kalian harus mengakhiri hubungan kalian adalah ketidakmampuan kalian mengatasi kebosanan dalam hubungan.

Jadi kalau kamu ingin mempertahankan hubunganmu dengan pasangan, carilah komunikasi cerdas yang bisa membuat kalian nyaman satu sama lain dan untuk menghindari kebosanan dalam hubungan kalian.

mm
Seorang Konsultan & Pelatih Psikologi Cinta yang suka tampil seksi. Novia Moon menjadi “dewi penolong” bagi ratusan pria yang tersesat dalam kegagalan asmara.