Hindari 6 Penyebab Perselingkuhan Ini Untuk Mempertahankan Hubungan Kalian

Salah satu penyebab hancur dan berakhirnya sebuah hubungan adalah pengkhianatan pasangan. Pengkhianatan yang paling marak dilakukan oleh pasangan akhir-akhir ini adalah perselingkuhan.

Perselingkuhan adalah pengkhianatan yang tidak bisa kamu toleransi, karena sekali selingkuh, tidak menutup kemungkinan pasangan akan mengulangi hal yang sama kalau punya kesempatan.

Perselingkuhan terjadi karena adanya ketidakpuasan kalian dengan pasangan kalian. Itulah yang membuat kalian tergoda untuk mencari pelampiasan lain.

Padahal kalau kalian tetap bisa menjaga komitmen dan komunikasi kalian, kalian bisa menghindari perselingkuhan yang bisa menghancurkan hubungan kalian ini.

Itulah kenapa sebelum hubunganmu berakhir hanya karena perselingkuhan pasangan lebih baik kamu mencegah perselingkuhan pasangan dengan menghindari 6 penyebab perselingkuhan pasangan ini:

1. Pasangan memilih berselingkuh karena hubungan kalian tidak punya konsekuensi dan kesepakatan untuk pasangan yang berselingkuh

Terjadinya perselingkuhan dalam hubungan kalian karena dari awal hubungan kalian, kalian tidak punya konsekuensi dan kesepakatan saat pasangan kalian terlibat perselingkuhan, sehingga pasangan merasa lebih leluasa karena merasa tidak ada yang perlu dia takutkan.

Oleh karena itu perlu adanya batasan diri dalam hubungan kalian. Batasan diri ini bukannya kalian menutup diri dengan pasanga, tapi untuk meminimalisis kecurangan yang dilakukan oleh pasangan.

Batasan diri ini bisa kalian buat dalam bentuk kesepakatan hal-hal apa saja yang tidak bisa kalian toleransi dalam hubungan, misalnya saja kebohongan, perselingkuhan dan kekerasan.

Setelah membuat kesepakatan tentang batasan diri kalian, kalian juga harus membuat konsekuensi kalau pasangan melanggar batasan diri dan kesepakatan yang sudah kalian buat diawal hubungan kalian.

2. Pasangan memilih berselingkuh karena merasa kamu sudah tidak peduli dengannya dan komunikasi kalian juga berjalan tidak lancar

Inilah penyebab perselingkuhan yang membuatmu harus introspeksi diri dan melakukan evaluasi pada hubungan kalian. Karena pasangan yang berselingkuh bisa jadi karena kamu sudah tidak peduli dengannya lagi. Kamu sudah tidak punya waktu untuk pasangan dan selalu menyibukkan dirimu sendiri dengan urusanmu.

Itu juga yang membuat pasangan perlu mencari pelampiasan orang yang lebih bisa memberikan waktu dan kepedulian untuknya. Selain itu hal ini terjadi juga karena kurangnya komunikasi diantara kalian. Kamu tidak tahu apa yang pasanganmu inginkan dan pasanganmu pun tidak pernah mengatakan keluhan dan harapannya pada hubungan.

Jadi mulai sekarang selalu selesaikan semua permasalahan dalam hubungan kalian dengan komunikasi yang baik, bicarakan dan diskusikan. Minta pada pasangan untuk menyampaikan dan menjelaskan apa saja keluhan dan harapannya pada hubungan kalian, apa saja yang harus kamu ubah dari sikapmu.

Cobalah untuk menjadi pendengar yang baik untuk setiap keluhan dan harapan pasangan, dengan begitu setidaknya pasangan pasti lebih merasa kamu peduli dan kalian tetap bisa menjaga komunikasi kalian dengan baik.

 3. Pasangan berselingkuh karena memang dia punya kesempatan dan merasa tertantang untuk mencoba hal baru

Penyebab perselingkuhan pasangan selanjutnya adalah karena pasangan punya kesempatan untuk berselingkuh. Kesempatan ini bisa dia dapatkan karena lingkungan dan pergaulannya yang memang luas dan kamu terlalu lengah dengan memberikan dia kebebasan tanpa kepedulian.

Meskipun kamu memberikan kepercayaan dan kebebasan pada pasangan, kamu tetap harus bisa menjaga dan memberikan kepedulian pada pasanganmu. Ketidakpedulian dan kesibukanmu membuat pasangan merasa leluasa memanfaatkan kondisi untuk mencari perhatian dari pria lain.

Jadi sesibuk dan sepercaya apapun kamu pada pasangan, tetap berikan kepedulian dan perhatian pada pasangan. Jangan menunggu pasangan mendapatkan perhatian yang lebih dari pria lain.

Perhatian kecil hanya dengan memberinya semangat atau mengingatkan makan siang saja pasti sudah membuat pasangan merasa kamu mengingat dan peduli dengannya.

4. Pasangan berselingkuh karena jenuh dengan hubungan kalian

Dan inilah yang menjadi penyebab perselingkuhan paling umum dalam setiap hubungan yaitu karena pasangan jenuh dengan hubungan kalian yang berjalan monoton, damai dan tanpa tantangan apapun. Ini karena kalian sudah terlanjur bertahan dalam zona nyaman kalian.

Kalian tidak pernah mencoba melakukan sesuatu yang baru dalam hubungan kalian. Kalian malas menjadi kreatif untuk mencari komunikasi cerdas lain agar hubungan kalian tidak membosankan. Kalian tidak pernah berusaha untuk memberikan kejutan-kejutan baru untuk pasangan.

Pasangan yang jenuh dalam hubungan kalian pun mencoba untuk mencari tantangan baru mengenal orang baru yang bisa memberikan dia pengalaman dan petualangan baru yang lebih menantang. Inilah yang membuat dia melakukan perselingkuhannya.

Jadi, jangan pernah berhenti untuk mencoba melakukan petualangan baru dengan pasangan, selalu perbarui cara komunikasi kalian dan jangan takut meninggalkan zona nyaman kalian.

 5. Pasangan memilih berselingkuh karena memang ada riwayat dalam keluarganya

Kamu bisa melihat riwayat dalam keluarganya. Kalau memang dia punya keluarga yang juga pernah berselingkuh, bisa jadi inilah yang menjadi penyebab pasanganmu memilih perselingkuhan untuk mengatasi permasalahan dalam hubungan kalian.

Bukan berarti kamu tidak boleh punya pasangan yang punya riwayat perselingkuhan dalam keluarganya. Hubungan kalian kan kalian yang menjalani, jadi kalianlah yang paling mengenal pasangan kalian dengan baik.

Asal kalian tetap bisa menjaga komunikasi diantara kalian, memberikan perhatian pada pasangan dan selalu mencoba hal baru bersama pasangan, kalian pasti bisa menghindari perselingkuhan.

6. Pasangan memilih berselingkuh karena yakin kalau dia tidak akan ketahuan

Penyebab terakhir pasangan berselingkuh karena dia yakin dia tidak akan ketahuan berselingkuh dengan ketidakpedulianmu padanya. Ketidakpedulianmu pada pasangan inilah yang membuatnya memanfaatkan kelengahanmu dalam mengawasinya untuk berselingkuh.

Dengan kesibukan dan waktumu yang tidak pernah ada untuknya, dia yakin kamu tidak akan pernah peduli dan mau tahu dengan kesibukan dan kehidupanya, termasuk perselingkuhannya.

Jadi kalau kamu tidak ingin pasangan berselingkuh dan mengkhianatimu, kamu harus tetap harus memberikan perhatian dan kepedulian pada kesibukan dan kehidupan pasanganmu.

Memberikan kebebasan bukan berarti membiarkannya begitu saja. Kamu tetap harus bisa memberinya perhatian dan kejutan-kejutan kecil agar dia tetap merasa kamu ingat dengannya ditengah-tengah kesibukanmu.

Itulah 6 penyebab perselingkuhan yang harus kalian hindari untuk mencegah perselingkuhan dalam hubungan kalian. Lakukan hal yang sebaliknya dari penyebab perselingkuhan tersebut untuk mencegah perselingkuhan:

  • Buat kesepakatan awal dalam hubungan kalian apa konsekuensi yang harus pasangan terima saat ketahuan berselingkuh, apakah kalian akan langsung mengakhiri hubungan kalian atau kamu akan memberikan dia satu kali kesempatan untuk memperbaiki kesalahannya. Apapun kesepakatan kalian, pastikan kesepakatan ini menguntungkan untuk kalian berdua.
  • Tetap berikan kepedulian dan perhatian pada pasangan selama apapun kalian menjalani hubungan.
  • Jangan hanya sibuk dengan dunia mu sendiri bahkan sampai melupakan pasanganmu dan tidak punya waktu untuk pasangan
  • Coba dan lakukan kegiatan-kegiatan baru bersama pasangan untuk menghindari kejenuhan dalam hubungan
  • Cari tahu komunikasi cerdas untuk tetap mempertahakan keromantisan dalam hubungan kalian

Saat pasangan ketahuan berselingkuh jangan langsung menjudge dan menyalahkannya. Coba dengarkan penjelasannya dengan tenang. Permasalahan dalam hubungan terjadi karena ada andil kesalahan kalian berdua. Bisa jadi pasangan berselingkuh karena kamu memang terlalu sibuk dengan duniamu sendiri sehingga dia merasa terlupakan olehmu.

Tapi tetap saja perselingkuhan bukanlah pilihan yang tepat meskipun pasangan hanya menjadikannya pelampiasan saja. Perselingkuhan ini terjadi karena kurangnya kerjasama dan komunikasi diantara kalian, sehingga pasangan tidak bisa menyampaikan apa yang sebenarnya inginkan dan keluhkan dalam hubungan kalian.

Selain itu juga karena tidak adanya kesepakatan awal dalam hubungan kalian untuk memberikan konsekuensi pada pasangan yang berselingkuh sehingga pasangan merasa lebih bebas dan leluasa untuk melakukan perselingkuhan.

Satu hal yang pasti setelah perselingkuhan dalam hubungan kalian, kamu pasti akan sulit untuk mendapatkan kepercayaan pasangan lagi. Kalau pasangan memang masih sabar dan memaafkanmu dengan memberikan kepercayaannya padamu lagi, buat janji pada pasanganmu untuk tidak lagi melakukan kesalahan yang sama. Tapi jangan hanya berjanji tapi buktikan perubahanmu dengan tindakan yang nyata.

Perselingkuhan terjadi karena komitmen hubungan yang lemah dari awal hubungan kalian. Itulah kenapa setelah terjadinya perselingkuhan kalian harus membuat komitmen baru untuk memperbaiki hubungan kalian.

Mendapatkan kepercayaan pasangan lagi adalah hal yang sulit untuk kamu dapatkan saat kamu sudah mengkhianati kepercayaan yang dia berikan padamu. Kamu harus memberikan dia waktu untuk intospeksi diri dan evaluasi apakah hubungan kalian memang masih punya harapan untuk dipertahankan atau tidak.

Belajarlah menepati janjimu pada pasangan untuk tidak lagi melakukan kesalahan yang sama, perselingkuhan.  Buktikan perubahan dan niatmu untuk memperbaiki hubungan kalian.

Beberapa kemampuan yang harus kamu miliki agar hubungan kalian terhindar dari perselingkuhan adalah:

  • Kemampuan komunikasi yang baik dan cerdas,
  • Kemampuan menjaga komitmen hubungan kalian,
  • Kemampuan menjaga kepercayaan yang diberikan pasangan,
  • Kemampuan untuk mengatasi kebosanan dalam hubungan kalian, dan
  • Kemampuan untuk menjaga keintiman dalam hubungan kalian.

Dengan menguasai 5 kemampuan itu, kamu bisa menghindari terjadinya perselingkuhan dalam hubungan kalian. Lalu sudahkan kamu memiliki 5 kemampuan itu untuk mempertahankan hubungan kalian?

  • Kemampuan menjaga komunikasi yang baik dan cerdas meliputi bagaimana belajar mengerti dan memahami keinginan pasangan dalam hubungan, bentuk perhatian dan kepedulian seperti apa yang bisa membuat pasangan merasa disayangi, bagaimana kalian menyikapi permasalahan dan pertengkaran dalam hubungan kalian
  • Kemampuan menjaga komitmen dalam hubungan meliputi bagaimana kalian memberikan kebebasan pada pasangan untuk tetap menjadi dirinya sendiri, melakukan dan mencapai apapun yang diinginkan, hubungan seperti apa yang ingin kalian miliki dan bentuk dukungan seperti apa yang ingin kamu dapatkan dan berikan untuk pasangan.
  • Kemampuan menjaga kepercayaan pasangan meliputi bagaimana kalian mengatasi kecemburuan dan sikap posesif pasangan, bagaiamana kalian bisa memberikan dan mendapatkan kepercayaan pasangan, dan bagaimana kalian mengendalikan asumsi-asumsi negatif kalian pada pasangan.
  • Kemampuan mengatasi kebosanan dalam hubungan meliputi bagaimana kalian menjaga memberikan ruang pribadi untuk pasangan, bagaimana kalian bisa menikmati waktu sendiri kalian, bagaimana kalian menyampaikan perubahan yang kalian inginkan dari pasangan dan hubungan kalian.
  • Kemampuan menjaga keintiman dalam hubungan meliputi bagaimana cara kalian ingin diperlakukan oleh pasangan, sikap romantis seperti apa yang pasangan inginkan dan bagaimana fantasi sex kalian.

Itulah 5 kemampuan yang harus kamu miliki untuk bisa mempertahankan hubungan kalian. Dan kamu bisa dapatkan semua kemampuan itu dalam audiobook Cara Membuat Wanita Cinta Mati Padamu.

Kamu akan belajar untuk mengerti dan memahami apa yang wanita inginkan dan butuhkan dari pasangan dan hubungan yang kalian jalani. Karena dengan bisa mengerti dan memahami apa yang pasanganmu inginkan dan butuhkan, kamu bisa membuat mereka merasa membutuhkan dan mengandalkanmu.

Saat wanita sudah membutuhkan dan mengandalkanmu dalam hidupnya, dia pasti akan rela melakukan apapun untukmu. Kerelaannya untuk melakukan apapun untukmu inilah yang menjadi pertanda kalau dia cinta mati padamu. Kamu bisa dapatkan audiobooknya dengan cara download disini.

mm

Seorang Konsultan & Pelatih Psikologi Cinta yang suka tampil seksi. Novia Moon menjadi “dewi penolong” bagi ratusan pria yang tersesat dalam kegagalan asmara.