7 Cara Mengatasi Pasangan Yang Egois Mau Menang Sendiri Dan Selalu Menyalahkanmu

Saat terjadi pertengkaran dalam hubungan, kenapa pasangan selalu menyalahkan dan membuatmu harus selalu mengalah dan meminta maaf pada pasangan duluan. Padahal sebenarnya masalah dalam hubungan kalian terjadi bukan hanya kesalahanmu saja, tapi pasti ada andil dari kesalahan pasangan juga.

Mungkin sesekali dua kali tidak masalah kamu mengalah demi kebaikan hubungan kalian, tapi kalau ini terjadi terus-menerus kamu pun akan lelah sendiri dan kecewa pada pasangan yang hanya bisa menyalahkanmu tanpa pernah introspeksi diri untuk mengakui kesalahannya.

Mengalah terus-menerus bukanlah komunikasi yang efektif dalam hubungan. Karena tandanya hanya kamulah yang mengorbankan dirimu. Pasti kamu pun ingin pasangan juga bisa mengakui kesalahannya agar kalian juga bisa saling memperbaiki diri kalian dan melakukan komunikasi dua arah yang lebih efektif.

Lalu apa yang harus kamu lakukan untuk membuat pasangan juga mau mengakui kesalahannya?

1. Minta pasangan untuk mengatakan keluhan dan harapannya pada hubungan kalian

Daripada kamu hanya pasrah menerima begitu saja saat pasangan terus menyalahkanmu, lebih baik kamu langsung minta pada pasangan untuk menjelaskan semua keluhan dan harapannya pada hubungan kalian.

Jelaskan padanya bahwa kalian tetap bisa menyelesaikan sesuatu tanpa harus menyalahkan dan marah-marah.

Justru dengan ketenangan kalian saat menghadapi masalah, kalian akan lebih bisa menyampaikan keluhan dan harapan kalian agar pasangan tahu apa yang perlu diperbaiki dan rubah dari dirinya. 

 2. Jangan terlalu dipikirkan dan sakit hati dengan kebiasaan pasangan yang mau menang sendiri

Orang yang mau menang sendiri karena mereka tidak tahu cara untuk mengakui kesalahannya dan hanya bisa menyalahkan orang lain karena kekesalannya pada dirinya sendiri.

Dia berusaha untuk melampiaskan kekesalahannya dengan menyalahkanmu. Jadi, jangan terlalu sakit hati dan kamu pikirkan saat pasangan mau menang sendiri. Nanti kalau dia lelah sendiri juga berhenti dengan sendirinya.

Dan saat pasangan terus saja menyalahkanmu, kamu hanya perlu mendengarkan saja dengan sabar dan tenang. Dengan begitu kamu akan lebih menguasai hubungan kalian karena saat kamu mendengarkan amarah pasangan, kamu juga mencari tahu alasan kemarahan pasangan dan mencari solusinya untuk kamu bicarakan dan ingatkan pada pasangan.

3. Evaluasi dan introspeksi diri kamu

Kalau pasangan terus menerus menyalahkanmu tanpa alasan yang jelas, cobalah untuk evaluasi dan introspeksi diri kamu, apakah benar kamu punya kesalahan tanpa kamu sadari atau pasangan hanya menjadikanmu pelampiasan dari masalahnya saja.

Kalau kamu memang punya salah segera perbaiki dengan minta maaf pada pasangan dan buat kesepakatan untuk tidak lagi melakukan kesalahan yang sama.

Tapi kalau kamu merasa pasangan sedang melampiaskan kemarahannya karena dia punya masalah, tanyakan langsung padanya, beri dukungan dan bantuan pada pasangan dengan menjadi pendengar yang baik agar dia juga bisa lebih tenang.

 4. Minta pada pasangan untuk mengakui kesalahannya juga kalau kamu sudah mengakui kesalahanmu

Saat pasangan bersikeras menyalahkanmu, jangan langsung emosi dan mengelak tuduhan pasangan, tapi cobalah untuk menanyakan pada dirimu sendiri apakah kamu benar-benar tidak punya kesalahan?

Akui dan perbaiki kesalahan mu sekecil apapun itu, pasangan pasti punya alasan kenapa bersikeras menyalahkanmu.

Setelah kamu mengakui kesalahanmu, minta pada pasangan untuk melakukan kesalahan yang sama. Kenapa kamu bisa melakukan kesalahan pasti ada andil dari pasanganmu, pasanganmu juga pasti melakukan kesalahan. Dan karena kalian adalah pasangan, kalian harus bisa bekerjasama untuk menyelesaikan permasalahan kalian, bukannya malah saling menyalahkan.

5. Sadarkan pasangan bahwa menyalahkan pasangan bukan berarti membuatnya dia yang paling benar

Saat pasangan mulai menyalahkanmu, seharusnya kamu sudah tahu cara untuk bisa menenangkannya. Tapi kalau menyalahkanmu sudah menjadi kebiasaanya, kamu hanya perlu mengabaikannya.

Setelah itu kamu juga harus mengajak pasangan untuk mencari solusi dari pemasalahan dalam hubungan kalian, bukannya main menang sendiri dengan selalu menyalahkanmu.

Sadarkan pasangan bahwa dengan menyalahkanmu kalian tidak akan menyelesaikan permasalahan kalian dan bukan berarti dia yang paling benar.

Kamu juga harus buat kesepakatan dengannya setiap kali ada permasalahan kalian harus menyelesaikan dengan diskusi, bukannya dengan saling menyalahkan.

 6. Cari tahu penyebab kebiasaan pasangan selalu menyalahkanmu

Orang yang selalu menyalahkan orang lain saat terjadi permasalahan pasti punya permasalahan dengan gengsi dan egonya. Dia tidak berani mengakui kesalahannya sendiri karena merasa paling benar dan lebih dari dari orang lain, dan bisa juga karena dia tidak bisa menghargai pendapat orang lain.

Sekarang cobalah kamu cari tahu apa yang menyebabkan pasanganmu sering melakukan kebiasaannya untuk terus menyalahkanmu. Ajak dia bicara untuk mencari penyebab dari kebiasaan buruknya ini agar dia bisa memperbaikinya.

Jelaskan padanya bahwa selalu menyalahkan pasangan adalah hal yang tidak sehat dalam hubungan.

7. Beri pengertian dan penjelasan pada pasangan tentang sudut pandangmu yang selalu salah dimata pasangan

Apa yang salah menurut pasanganmu belum tentu salah menurutmu begitupun sebaliknya. Jadi saat pasangan mulai menyalahkanmu kamu tidak perlu menyalahkannya balik atau emosi dan marah-marah padanya.

Lebih baik kamu jelaskan sudut pandangnmu apa yang menurut pasangan salah itu ternyata tidak salah di matamu dan berikan alasanmu. Berikan pengertian pada pasangan sejelas-jelanya.

Kamu harus bisa lebih peka dengan ketidaknyamanan pasangan dengan menjadi pendengar yang baik untuk masalahnya dan mengajaknya untuk memperbaiki kebiasaan buruknya menyalahkan orang lain sepihak tanpa bukti.

Yang pasti kamu harus mencari tahu penyebab kebiasaan buruknya selalu mau menang sendiri dan menyalahkanmu ini agar kalian bisa menjalin komunikasi yang lebih baik. Pahami alasannya kenapa dia selalu menyalahkanmu dan dukung dia untuk mengubah kebiasaan buruknya ini dengan memberikan penjelasan dan pengertian setiap kali ada permasalahan.

Kalau pasangan punya niat baik untuk memperbaiki dirinya agar tidak lagi menang sendiri dan menyalahkanmu, kamu harus membantunya, tapi kalau dia memang masih keras kepala dan egois lebih baik kamu akhiri hubunganmu daripada kalian saling menyakiti.

Ingat ini, saat kamu terus memaksakan diri bertahan dalam hubungan yang terus menyakiti diri kalian, tandanya kalian tidak bisa mencintai diri kalian sendiri. Dan karena kalian tidak bisa mencintai diri kalian sendiri inilah yang membuat kalian tidak akan pernah bisa membahagiakan diri kalian. Ini yang membuat kalian memilih bertahan dalam hubungan daripada kehilangan kebahagiaanmu.

Menjalani hubungan adalah kerjasama untuk saling memaafkan dan pengertian bahwa setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Tapi saat kamu terus mengalah dalam hubunganmu, pasangan tidak akan pernah belajar untuk memperbaiki kesalahannya. Dia tidak akan pernah bisa mengerti dan memahamimu.

Kalau hanya kamu saja yang terus-menerus berusaha untuk mengerti dan memahami pasanganmu, tandanya komunikasi kalian hanya berjalan searah dan inilah yang membuat hubungan kalian tidak akan pernah mengalami kemajuan dan perkembangan. Karena dengan sikap pasangan yang selalu ingin menang sendiri, kamu akan terus meragukannya apakah dia memang bisa menjadi calon istri yang baik untuk dirimu.

Hubungan yang sudah dilandasi dengan keraguan sangat sulit untuk terus dipertahankan. Apalagi kalau kalian tidak bisa melakukan 3 pengorbanan ini dalam hubungan kalian. Kalian hanya akan terus memaksakan diri kalian bertahan dalam hubungan yang tidak seharusnya kalian pertahankan.

Sebagai pria yang berkualitas kamu tidak hanya dituntut untuk bisa menyelesaikan permasalahan dalam hubungan kalian dengan baik, tapi juga memperbaiki kesalahan dalam hubungan kalian tersebut agar tidak terulang lagi di masa depan. Dengan begitu kamu bisa mempertahankan hubungan kalian.

Tapi jangan lupa untuk mengingatkan pasangan bahwa kalian berdua yang menjalani hubungan jadi kalian juga harus punya kontribusi yang sama untuk bersama-sama mempertahankannya, bukannya kamu berjuang sendiri. Kamu juga harus bisa membuat wanita memberikan investasinya untuk ikut berjuang mempertahankan hubungan kalian.

Karena hubungan adalah kerjasama dua orang yang selalu belajar untuk memperbaiki kesalahan dan saling memaafkan kesalahan pasangan. Bukannya malah saling menyalahkan dan terus-menerus mengulangi kesalahan yang sama.

Kamu bisa jadikan dirimu pria yang punya kemampuan untuk mengelola dan mempertahankan hubungan kalian agar terhindar dari kebosanan, bagaimana membuat wanita ikut berinvestasi dan berkontribusi dalam hubungan kalian, bagaimana penyelesaian masalah yang terbaiki dan masih banyak hal lain yang harus kamu kuasai untuk bisa mempertahankan hubunganmu.

Kamu bisa dapatkan kemampuan untuk mempertahankan hubungan dan menjaga kemesraan dalam hubungan mu di Pelatihan Memikat Hati Wanita.

Tenang saja, kalau memang waktu mu terbatas untuk mengikuti pelatihan langsung, kamu bisa dapatkan video Pelatihan onlinenya disini dengan cara download video dan kamu bisa menontonya berulang kali kapanpun, dimanapun kamu membutuhkan.

Materi pelatihan langsung maupun pelatihan online sama saja, bedanya kalau pelatihan langsung kamu bisa langsung mempraktekannya langsung dan punya banyak kenalan dan saingan saat mempraktekan apa yang kami ajarkan. Jadi pilihan ada ditanganmu, apakah kamu ingin ikut Pelatihan Langsung atau Pelatihan Online.

mm
Seorang Konsultan & Pelatih Psikologi Cinta yang suka tampil seksi. Novia Moon menjadi “dewi penolong” bagi ratusan pria yang tersesat dalam kegagalan asmara.