4 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Saat Pasangan Menuduhmu Egois

Orang yang egois tidak akan pernah sadar kalau dirinya egois kecuali pasangannya mengingatkan, mengeluh atau bahkan menuduhmu egois. Egois itu sebenarnya manusiawi dan wajar-wajar saja. Karena setiap orang punya sisi egoisnya masing-masing. Kalau kamu merasa pasanganmu egois, kamu pun pasti pernah melakukan hal yang sama padanya.

Tapi memang kalian sama-sama tidak menyadari kalau kalian memang sebenarnya sama-sama egois, hanya kadarnya saja yang berbeda. Dan memang tidak ada salahnya kok menjadi egois dengan pasangan.

Justru dengan keegoisanmu itu kalian lebih bisa memprioritaskan diri kalian. Tapi kalau kadar egoisnya sudah terlalu berlebih bisa bahaya juga untuk hubungan kalian.

Awalnya keegoisanmu pada pasangan ini baik karena kamu berusaha untuk melindungi dirimu sendiri agar tidak terlalu bergantung dan mengandalkan pasangan, kamu berusaha untuk hanya fokus pada kehidupan dan karirmu, kamu berusaha untuk membahagiakan dan memprioritaskan dirimu sendiri.

Itu memang baik, tapi kalau kadar egoismu ini sampai membuatmu tidak peduli dan bahkan melupakan pasanganmu, inilah salah satu penyebab hancurnya hubungan kalian.

Jadi, kalau selama ini pasangan kalian sudah sering protes dengan keegoisan dan sering menuduhmu egois, kamu bisa lakukan 4 hal ini untuk mengatasinya:

1. Evaluasi dan Introspeksi sikapmu yang dinilai egois oleh pasangan

Pastikan kamu sudah evaluasi dan introspeksi diri sebelum kamu membela diri kamu saat pasangan menuduhmu egois.

Cari tahu dulu tuduhan pasangan tentang keegoisanmu apakah memang kamu egois atau keegoisanmu selama ini karena kamu memang butuh waktu sendiri untuk menikmati kehidupan pribadimu tanpa pasangan.

Atau bisa jadi pasangan menuduhmu egois karena dia memang sedang sensitif dan membutuhkan perhatianmu, jadi sedikit-sedikit dia menjadi sensi dan menganggapmu tidak peduli lagi dengannya. Apapun alasan pasangan, kamu harus bisa memberikan penjelasan dan pengertian padanya kenapa dia bisa menuduhmu egois dan katakan padanya kalau keegoisanmu selama ini juga ada manfaatnya untuk hubungan kalian.

Kalau kamu merasa protes dan kritiknya memang wajar dengan keegoisanmu dan kamu merasa bersalah padanya, kamu juga harus segera minta maaf dan mengakui kesalahanmu.

Pastikan kalian membuat kesepakatan keegoisan seperti apa yang bisa kalian terima dari pasangan kalian agar masalah yang sama tidak terjadi lagi dalam hubungan kalian ke depannya.

2. Dengarkan alasan pasangan menuduhmu egois dan apa keinginannya agar dia tidak menuduhmu egois lagi

Saat pasangan menuduhmu egois, dia pasti punya alasan kenapa dia bisa menganggapmu seperti itu, bisa jadi dia sudah lama menyimpan keluhannya ini tapi baru berani mengatakan padamu karena dia takut menyinggungmu. Jadi dengarkan saja alasan pasangan, terima semua keluhan dan omelannya.

Dengan mendengarkan keluhan pasangan, kamu akan lebih tahu sikap egois seperti apa yang kamu lakukan selama ini padanya dan kamu bisa memperbaikinya. Kamu bisa menanyakan sikap bagian mana yang menurutnya egois dan bagaimana kamu bisa memperbaikinya.

Setelah kamu mendengarkan semua keluhannya, baru kamu bisa memberikan penjelasan dan pengertian pada pasangan kenapa selama ini kamu bersikap seperti itu.

3. Terima kritik dari pasangan untuk memperbaiki diri kamu

Mungkin selama ini apa yang menurut pasangan egois bukan hal yang egois menurutmu. Itulah yang terkadang membuat pasangan merasa tersakiti olehmu tanpa kamu menyadarinya.

Jadi cobalah untuk memahami emosi yang dirasakan pasangan dengan menerima kritik yang diberikan pasangan untuk memperbaiki diri kamu.

Pasangan menganggapmu egois bisa jadi karena kesibukanmu yang terlalu banyak hingga kamu lupa waktu dan melupakannya perlahan. Pasangan merasa kalau kamu tidak bisa memberikan perhatian seperti awal hubungan dulu.

Saat menerima kritik pasangan, kalau kamu merasa perlu minta maaf, minta maaflah meski kamu merasa tidak bersalah. Dan pastikan juga setelah kamu minta maaf, kamu memperbaiki kesalahanmu dan mengurangi keegoisanmu pada pasangan.

4. Berikan penjelasan dan pengertian pada pasangan tentang keegoisanmu

Setelah pasangan mengatakan alasannya kenapa menuduhmu egois, mungkin kamu akan merasa kalau apa yang kamu lakukan itu tidak salah dan baik untuk hubungan kalian.

Tapi tetap saja, kamu harus bisa memberikan penjelasan dan pengertian pada pasangan tentang sikapmu yang dianggap egois oleh pasangan. Kamu bisa mengatakan pada pasangan kalau kalian juga butuh waktu untuk sendiri.

Meskipun kalian sendiri-sendiri tapi tetap saja komitmen yang kalian lakukan di awal hubungan sudah bisa membuat kalian mengerti mau dibawa kemana hubungan kalian. Dan keegoisanmu selama ini bukan berarti juga kamu tidak mencintainya, hanya saja terkadang kalian memang tetap harus bisa menjalani kehidupan pribadi kalian masing-masing.

Itulah 4 hal yang harus kamu lakukan saat pasangan sudah mulai mengeluh dan menuduhmu egois. Sebagai pasangan kalian memang masih punya kehidupan pribadi dan tetap harus memprioritaskan diri kalian. Tapi kalian juga harus tahu kadarnya kapan kalian bisa memprioritaskan diri kalian dan kapan kalian harus peduli pada pasangan kalian.

Kalau kalian masih sama-sama egois, kalian tidak akan bisa bekerjasama untuk mempertahankan hubungan kalian. Karena dengan keegoisan kalian, kalian akan merasa paling benar sendiri dan tidak mau mendengarkan pendapat pasangan. Dan inilah awal mula permasalahan dalam hubunganmu. Ketidakmampuan kalian untuk bekerjasama dan kompromi karena keegoisan kalian.

Egois dalam hubungan memang diperlukan sesekali, tapi jangan sampai keegoisan kalian malah menyakiti kalian.

Egois yang baik adalah saat kalian menyadari kalau diri kalian memang harus selalu diprioritaskan tapi tidak melupakan kepedulian kalian pada pasangan. Kamu juga harus punya alasan yang tepat kenapa kamu bersikap egois pada pasanganmu agar pasangan bisa menerimanya.

Jangan sampai pasangan merasa tersakiti dengan keegoisanmu karena kamu tidak bisa memberikan penjelasan dan pengertian padanya kenapa kamu bersikap egois. Karena sebagai pasangan, kalian harus bisa bekerjasama untuk mengendalikan ego kalian masing-masing agar tidak saling menyakiti.

Kalau kamu merasa selama ini pasangan sering menuduhmu egois lebih baik kalian bicarakan lagi sikap seperti apa yang dianggap pasangan egois dan bagaimana kamu bisa memperbaikinya. Bisa jadi apa yang menurutmu biasa-biasa saja merupakan keegoisan menurut pasangan.

Jadi selalu komunikasikan permasalahan dalam hubungan kalian dengan penjelasan dan pengertian. Tanpa adanya 2 hal itu, kalian hanya akan terus mengeluh dan pasangan juga tidak akan pernah tahu apa yang perlu diubah dari dirinya kalau kamu tidak mengatakannya.

Pasangan yang dewasa menjalani hubungannya dengan kejujuran dan keterbukaan. Mereka akan selalu mengusahakan 2 cara komunikasi tersebut untuk menyelesaikan dan membicarakan permasalahan dalam hubungan mereka. Mereka tidak akan membiarkan drama mempengaruhi kelanggengan dan kebahagiaan hubungan mereka.

Drama hubungan yang sering dilakukan pasangan labil diantaranya adalah komunikasi searah karena hanya berani kode-kodean, menyembunyikan masalah karena tidak tahu cara menjelaskannya, mengeluh tanpa mengatakannya, ingin dipahami tanpa memahami pasangan dulu, dan selalu merasa paling benar sendiri.

Jadi, kalau kalian merasa kalian pasangan yang dewasa hindari penyebab penghancur hubungan tersebut agar kalian bisa mempertahankan hubungan kalian.

mm

Seorang Konsultan & Pelatih Psikologi Cinta yang suka tampil seksi. Novia Moon menjadi “dewi penolong” bagi ratusan pria yang tersesat dalam kegagalan asmara.