7 Cara Mengatasi Rasa Bosan Dalam Hubungan

Terkadang karena sudah terlalu lama menjalin hubungan dengan pasangan, pasti akan muncul rasa bosan diantara kalian.

Dan kalau kalian tidak bisa mengatasi rasa bosan dalam hubungan, ini bisa menjadi penyebab berakhirnya hubungan kalian. Terlebih kalau kalian tidak pernah berusaha untuk melakukan hal baru bersama pasangan.

Lalu bagaimana caranya meskipun kamu bosan tapi kamu ingin tetap bertahan dengan pasangan?

Kebosanan dalam hubungan terjadi karena kalian selalu melakukan hal yang sama dan tidak berani keluar zona nyaman kalian untuk mencoba hal yang baru. Tapi bosan tidak seharusnya kamu jadikan alasan untuk mengakhiri hubungan kalian.

Kalau bosan selalu menjadi penyebab berakhirnya suatu hubungan, maka tidak akan ada rumah tangga yang akan bertahan, tidak akan ada pasangan yang bisa hidup sampai tua bersama.

Itulah kenapa kalian harus mencari tahu cara agar kalian tetap bisa mempertahankan hubungan kalian, salah satunya adalah dengan mengatasi rasa bosan dalam hubungan kalian dengan melakukan 7 hal ini:

1. Kalau kamu merasa hubunganmu sudah datar-datar saja, kalian butuh momen romantis untuk menghilangkan kebosanan

Karena kalian sudah bersama pasangan dalam waktu yang cukup lama, kalian sudah banyak melakukan hal yang sama berulang kali bersama pasangan. Kalian merasa apa yang kalian lakukan akhir-akhir ini hanya hal-hal datar yang biasa kalian lakukan, dan itulah yang membuat kamu bosan.

Coba kamu rencanakan untuk membuat momen romantis seperti di awal kalian jadian dulu untuk mengingat kembali kenangan lama saat pertama kali kalian jadian. Dengan momen romantis meskipun sederhana saja sudah bisa membuat kalian sedikit melupakan rasa bosan dalam hubungan kalian.

Kamu bisa merencanakan camping di akhir pekan dengan pasangan atau pergi jalan ke pantai di sore atau malam hari.

Ingat kembali momen romantis kalian di awal hubungan agar pasangan juga kembali mengingat betapa indahnya hubungan kalian. Dengan begitu, kalian pasti bisa mengalahkan rasa bosan kalian.

2. Coba ingat-ingat lagi masa awal kalian jadian

Saat kamu tiba-tiba bosan dalam hubungan coba ingat-ingat lagi masa awal kalian jadian, ingat lagi perjuangan yang sudah kamu lakukan untuk bisa mendapatkannya dan apa saja yang sudah kalian lewati sampai kalian bisa menjalani hubungan sejauh dan selama ini.

Dengan mengingat kembali kenangan-kenangan dan perjuangan yang sudah kalian lewati dan lakukan membuat hubungan kalian menjadi lebih hangat lagi.

Kamu akan senyum-senyum sendiri betapa semangatnya kamu dulu ingin bisa mendapatkannya, betapa konyolnya usaha yang kamu lakukan dulu untuk bisa mendapatkan perhatiannya.

Setelah mengingat semua momen awal jadian kalian, kamu bisa mengulang semua kekonyolan dan keromantisan yang pernah kamu lakukan bersama pasangan untuk menghilangkan kebosanan kalian.

 3. Kebosanan terjadi karena intensitas pertemuan yang terlalu sering, jadi cobalah untuk membatasi pertemuan dan komunikasi kalian

Bosan yang kalian alami sudah pasti karena intensitas pertemuan dan komunikasi kalian yang terlalu sering. Kalian tidak punya ruang bebas sendiri dan selalu melakukan semuanya bersama pasangan. Inilah saatnya kalian membatasi pertemuan dan komunikasi kalian agar tidak bosan lagi.

Dengan membatasi pertemuan dan komunikasi kalian, kalian juga belajar mencari tahu  seberapa berharga kehadiran pasangan dalam hidup kalian, seberapa butuh dan rindu kamu dengan kehadiran pasangan.

Selain itu juga kalian belajar untuk lebih mandiri, tidak menggantungkan dan mengandalkan pasangan untuk kebahagiaan pribadimu. Kamu tetap harus bisa mencari dan menciptakan kebahagiaanmu sendiri tanpa pasangan.

Disaat menikmati waktu kalian sendiri-sendiri inilah kalian juga akan lebih fresh dan semangat lagi saat bertemu dengan pasangan kalian. Buat batas waktu tertentu untuk membatasi pertemuan dan komunikasi kalian, kapan kalian siap bertemu kembali saat kalian memang sudah bisa menghilangkan rasa bosan dan rindu dengan pasangan.

4. Berikan kejutan-kejutan kecil untuk pasangan

Kebosanan dalam hubungan karena kalian malas memikirkan komunikasi-komunikasi kreatif untuk membuat hubungan kalian lebih berwarna, salah satunya adalah kamu malas memberikan kejutan-kejutan kecil untuk pasangan.

Terlebih wanita mana yang tidak menyukai kejutan. Kamu tidak perlu memberikan hadiah mahal, hanya kejutan kecil asal kamu tulus saja wanita pasti akan leleh. Yang terpenting dari kejutan yang kamu berikan untuk wanita adalah perhatian tulusmu untuknya, bukan seberapa mahal yang kamu berikan.

Kamu bisa mengajaknya pergi ke restoran pertama kali kalian kencan bersama, menjemputnya sepulang kerja dan membawakan minuman/makanan favoritnya, membuat video kesibukanmu dan memberi semangat untuknya dan apapun itu yang penting kamu bisa mengejutkannya dengan melakukan hal yang tidak biasanya kamu lakukan.

 5. Lakukan aktivitas baru bersama pasangan

Kalau kalian malas mencoba aktivitas baru bersama pasangan, pantas saja kalian cepat merasa bosan dengan aktivitas yang monoton dalam waktu yang cukup lama.

 Itulah kenapa coba mulai sekarang kalian merencanakan agenda dalam 1 bulan 3 kali atau seminggu sekali lakukan aktivitas baru bersama pasangan untuk menghindari rasa bosan.

Aktivitas baru yang belum pernah kalian coba bersama pasangan misalnya saja ikut kursus memasak, ngegym dan olahraga bersama atau berkunjung ke tempat-tempat baru. Buat kenangan-kenangan baru bersama pasangan ditempat favorit yang ingin kalian kunjungi.

6. Jangan hanya jalan berdua, tapi pergilah jalan bareng bersama teman-teman atau keluarga pasangan

Menghabiskan waktu berdua sudah biasa kalian lakukan dengan aktivitas yang sama dalam waktu yang cukup lama kalian menjalin hubungan. Inilah saatnya kalian merencanakan double maupun triple date bersama teman, kakak, adik bahkan orangtua kalian.

Bukankah lebih seru menghabiskan waktu kencan bersama orang-orang yang kalian sayangi. Kencan kalian juga akan lebih seru dan ramai. Dan kalian juga bisa melakukan banyak hal bersama keluarga dan teman-teman kalian.

Selain itu secara tidak langsung juga kalian mengenalkan dan mendekatkan pasangan dengan lingkungan pergaulan kalian. Dengan mengenal teman-teman pergaulan dan orang-orang terdekat kalian lah, pasangan akan lebih mudah memberikan kepercayaan pada kalian.

 7. Selesaikan setiap permasalahan saat itu juga, menyepelekan masalah dalam hubungan juga bisa menjadi pemicu rasa bosan

Inilah yang menyebabkan kalian bosan karena banyaknya permasalahan yang tidak kalian selesaikan saat itu juga. Kalian menunda-nunda menyelesaikan permasalahan karena ingin menghindari pertengkaran. Justru ini yang membuat kalian bosan kenapa hubungan kalian tidak pernah bebas dari permasalahan.

Jadi mulai sekarang selalu selesaikan setiap permasalahan dalam hubungan kalian saat itu juga, jangan membiarkan permasalahan kalian menjadi berlarut-larut dan semakin bertambah.

Jangan juga menghindari pertengkaran dalam hubungan, karena pertengkaran bukanlah tanda kalian tidak cocok, tapi karena perbedaan pendapat diantara kalian itu wajar dan kalian sedang berusaha menyatukannya.

Pertengkaran justru akan memberikan kalian pelajaran berharga untuk bisa lebih mendewasakan dan meningkatkan kualitas hubungan kalian.

 Justru dengan pertengkaran ini pulalah hubungan kalian menjadi lebih menantang. Kalian lebih tertantang untuk mempertahankan hubungan kalian. Asal ingat, hindari 8 pertengkaran ini kalau kamu tidak ingin hubunganmu berakhir.

Itulah 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kebosananmu dalam hubungan. Apapun permasalahan dan konflik dalam hubungan kalian, kalau kalian bisa saling komunikasi dan terbuka pada pasangan, kalian pasti bisa menyelesaikannya dengan baik. Jangan hanya karena kebosanan sesaat kalian memilih mengakhiri hubungan kalian.

Diskusikan dengan pasangan, cari jalan keluar terbaik untuk mengatasi rasa bosan dalam hubungan kalian.

Menjalin hubungan bukan hanya tentang menjalani dan mendapatkan saja, tapi juga bagaimana kamu bisa mempertahankannya ditengah banyak godaan dan rasa bosan.

Kalau kalian memang bisa saling mengerti dan memahami pasangan kalian, kalian pasti selalu punya cara untuk menyelesaikan permasalahan kalian. Asal kalian memang punya kesepakatan diawal hubungan kalian untuk selalu mendiskusikan setiap permasalahan dalam hubungan kalian.

Beberapa hal yang harus kamu hindari agar bisa menyelesaikan setiap permasalahan dalam hubungan kalian adalah sikap egois, asumsi/prasangka negatif tentang pasangan, keras kepala, tidak mau mendengarkan, ingin menang sendiri dan tidak bisa memaafkan kesalahan pasangan.

Kalau kalian bisa menghindari beberapa kebiasaan buruk, hubungan kalian pasti akan langgeng dan kalian pasti akan selalu punya jalan damai untuk menyelesaikan permasalahan kalian.

Sebaliknya kalau kalian ingin mempertahankan hubungan kalian, kalian harus membiasakan dan melatih diri kalian untuk selalu bisa bekerjasama, toleransi, mengalah, memaafkan, menjaga komitmen dan menjadi pendengar yang baik untuk pasangan.

Hubungan yang bisa bertahan langgeng merupakan hasil kerjasama antara 2 orang yang sama-sama berusaha dan berkontribusi untuk mempertahankan hubungan.

Kalau hanya salah satu diantara kalian yang berusaha percuma saja, tandanya pasangan memang sudah tidak ingin bertahan dalam hubungan dan kamu juga akan lelah berjuang sendiri mempertahankan hubungan kalian.

Asal kalian tetap bisa menjaga komitmen, komunikasi, kejujuran dan kepercayaan diantara kalian, masalah apapun pasti akan kalian lewati tanpa pertengkaran, drama maupun konflik yang berkepanjangan.

Kedewasaan kalian dalam menyikapi setiap permasalahan juga dibutuhkan dalam mempertahankan hubungan. Karena dengan kedewasaan, kalian bisa mengendalikan emosi dan ego kalian saat terjadi pertengkaran. Kalian akan berusaha untuk saling mendengarkan. Dengan menjadi pendengar yang baik untuk pasangan inilah yang membuat kalian belajar mengerti dan memahami pasangan kalian.

Setelah ada rasa saling pengertian dan pemahaman diantara kalian, hubungan kalian pasti akan bebas dari kesalahpahaman dan miskomunikasi. Dan saat kalian sudah bisa menjalani hubungan tanpa salah paham dan miskomunikasi, saat itulah kalian bisa mempunyai hubungan yang langgeng.

Di awal hubungan kalian harus membuat kesepakatan untuk:

  • Tetap menjaga komitmen kalian menjalin hubungan,
  • Menjalin hubungan seperti apa,
  • Bagaimana cara kalian menyelesaikan setiap permalasalahan dalam hubungan kalian,
  • Bagaimana kalian membuat batasan-batasan tertentu untuk diri kalian agar tidak mudah disakiti pasangan,
  • Bagaimana kalian menerima kekurangan dan kelebihan pasangan,
  • Bagaimana mengatasi sikap cemburu, posesif dan asumsi negatif pasangan,
  • Bagaimana menjaga komunikasi, kejujuran dan kepercayaan diantara kalian,
  • Bagaimana mengatasi rasa bosan dalam hubungan,

Buat beberapa kesepatakan itu agar saat kalian mengalami masa-masa sulit dengan hubungan, kalian sudah punya cara untuk mengatasinya. Dan kalian pasti bisa mempertahankan hubungan kalian karena kesepakatan awal kalian menjalani hubungan dengan serius.

Kalau selama ini kamu merasa sulit mempertahankan hubunganmu, bisa jadi karena kamu tidak bisa mengajak pasangan bekerjasama untuk sama-sama berjuang mempertahankan hubungan kalian. Selama ini hanya kamu yang berjuang sendiri mempertahankan hubungan kalian. Dan saat kamu lelah dengan perjuanganmu, kamu memilih untuk berhenti dan mengakhiri hubungan kalian.

Mulai sekarang ajak pasangan untuk membuat kesepakatan di awal hubungan dan buat juga konsekuensi kalau pasangan melanggar kesepakatan kalian.

Asal kamu punya kemampuan untuk memimpin wanita, kamu pasti bisa mengarahkan wanita menjadi seperti yang kamu inginkan. Dan wanita juga akan terkesan dengan kemampuan bisa mengarahkan dan memimpinnya dalam hubungan.

Bagaimana dengan kemampuan mu memimpin wanita? Apakah kamu sudah menjadikan dirimu pria pemimpin untuk wanitmu? Kamu bisa melatih dan membiasakan dirimu menjadi pria pemimpin di Pelatihan Menjadi Pria Pemimpin dari psikologicinta.com.

Tunggu apalagi, daftarkan dirimu disini.

mm

Seorang Konsultan & Pelatih Psikologi Cinta yang suka tampil seksi. Novia Moon menjadi “dewi penolong” bagi ratusan pria yang tersesat dalam kegagalan asmara.