4 Hal Yang Wajib Kamu Selesaikan Sebelum Memutuskan Untuk Menikah

Seriring bertambahnya usiamu, tuntutan untuk segera menikah akan semakin sering terdengar di telingamu. Apalagi kalau kamu memang sudah berusia lebih dari 25 tahun dan sudah punya karir dan kemapanan finansial.

Pasti lingkungan akan lebih gencar mengingatkanmu untuk segera menikah dibanding dirimu sendiri yang sedang sibuk dengan urusanmu yang lainnya.

Tapi perkara menikah bukanlah hal yang mudah untuk kamu putuskan, pasti kamu punya banyak pertimbangan untuk meyakinkan niatmu menikahi pasanganmu sekarang. Setidaknya kalau pasanganmu punya 6 kemampuan ini, dia adalah calon istri idaman yang pasti bisa membahagiakanmu.

Tapi menikah bukan hanya perkara mendapatkan calon istri idaman yang punya 6 kemampuan ini, tapi juga tentang kemampuan untuk bekerjasama menjalani kehidupan rumah tangga yang saling mendukung dan pengertian.

Selain itu pastinya kamu ingin menjalani kehidupan pernikahan yang bahagia tanpa penyesalan di kemudian hari. Penyesalan karena ada hal yang belum kamu lakukan saat kamu masih melajang.

Karena mau tidak mau, kehidupan rumah tanggamu nantinya pasti akan memberikan beberapa batasan untukmu.

Kamu tidak akan merasakan kebebasan yang sama saat kamu masih melajang. Kamu akan lebih punya banyak tanggungjawab. Dan ada masa dimana kamu akan merindukan status lajangmu karena perbedaan yang kamu rasakan saat kamu melajang dan setelah kamu menjadi suami.

Itulah kenapa ada baiknya kamu menyelesaikan 4 hal ini saat kamu masih melajang agar kamu tidak menyesal nanti setelah menikah:

1. Membahagiakan dan membanggakan orang tua

Inilah hal pertama yang harus kamu selesaikan sebelum menikah. Sudahkah kamu membahagiakan dan membanggakan orangtuamu.

Membanggakan tidak harus dengan prestasi dan penghargaan yang kamu dapatkan, setidaknya saat kamu sudah bisa meringankan dan membantu kehidupan orangtua, orangtua pasti akan bangga denganmu.

Bukannya nanti saat berumahtangga kamu tidak bisa membahagiakan dan membanggakan orangtua, tapi nanti saat berumahtangga fokusmu pasti akan terbagi. Itulah kenapa pastikan kamu sudah membuat orangtua tersenyum bahagia dengan semua pencapaian dan pekerjaan yang kamu miliki sekarang.

2. Punya banyak teman wanita dan sering berinteraksi dengan mereka

Lebih baik kamu puaskan dulu interaksi dengan banyak wanita. Berkenalanlah dengan banyak wanita selagi kamu masih melajang karena nantinya saat berumahtangga kamu tidak akan bisa menikmati kebebasan untuk berinteraksi dengan banyak wanita, apalagi kalau istrimu pencemburu.

Ingat, lebih baik kamu punya banyak teman wanita sekarang daripada nantinya saat kamu sudah menjadi suami dan penasaran untuk punya banyak teman wanita.

Karena dengan punya banyak teman wanita juga akan membantumu menentukan kriteria istri yang paling tepat untukmu dan mencari tahu apakah pasanganmu sekarang memang calon istri yang tepat untukmu.

 3. Berpetualang dan main bareng dengan teman-temanmu sesering mungkin

Kamu pasti akan sadar bahwa saat berumahtangga nanti, waktumu tidak akan sebebas dan sebanyak saat kamu melajang. Karena ada banyak urusan rumah tangga yang harus kamu selesaikan. Itulah kenapa saat kamu melajang kamu harus bisa memuaskan dirimu untuk melakukan banyak petualangan dan main bareng dengan teman-temanmu.

Sebelum waktumu terbatas untuk memenuhi tanggungjawab mu pada keluargamu nantinya, pastikan kamu sudah memuaskan dirimu untuk main-main dengan temanmu. Berpetualanglah kemanapun kamu ingin pergi dan lakukan apapun yang kamu inginkan.

4. Menyelesaikan urusan cinta dan patah hati mu dimasalalu

Jangan sampai rumah tanggamu nanti masih dibayang-bayangi hubungan masalalu mu karena kamu belum menyelesaikan urusan cinta dan patah hatimu.

Dengan begitu kamu bisa meyakinkan dirimu apakah kamu memang benar-benar sudah jatuh cinta dengan pasanganmu sekarang, apakah dia memang wanita yang sempurna untukmu dan dengan pernah merasakan sakit hati, kamu tidak akan lagi membuat ekspektasi yang berlebihan saat berumahtangga nanti agar kamu tidak mudah merasa dikecewakan.

Kamu harus pernah merasakan jatuh cinta sejatuh-jatuhnya dan patah hati sesakit-sakitnya agar nanti saat berumahtangga kamu juga tidak mudah merasa tersakiti saat pasangan tidak sesuai yang kamu harapkan.

Itulah 4 hal yang harus kamu selesaikan sebelum kamu memutuskan menikah agar kamu tidak menyesal dan pastinya agar kamu merasa tidak dibatasi saat menikah.

Saat menikah nanti kamu pasti akan dihadapkan dengan banyak masalah yang harus bisa kalian lewati bersama. Kalian tidak boleh dikalahkan dengan permasalahan kalian hanya karena ego dan emosi kalian.

Itulah kenapa saat pacaran kalian harus melatih dan membiasakan diri kalian untuk bisa menyelesaikan permasalahan dalam hubungan kalian dengan cara yang dewasa agar nanti saat berumahtanggapun kalian tetap bisa melakukan hal yang sama.

Penyebab rumah tangga yang hancur adalah ketidakmampuan kalian dalam mengendalikan dan mengontrol emosi kalian saat terjadi permasalahan. Ketidakmampuan kalian untuk bekerjasama mencari solusi terbaik untuk permasalahan kalian.

Dan hal tersebut terjadi karena kalian tidak punya kesepakatan di awal hubungan kalian untuk tetap menjaga keterbukaan dan kepercayaan dalam berkomunikasi.

Selain itu nantinya saat berumahtangga, kemampuanmu sebagai pria pemimpin juga akan diuji, sejauh mana kamu bisa membimbing dan mengarahkan wanita agar bisa menjadi seperti yang kamu inginkan.

Karena memang sudah tugas dan tanggungjawabmu menjadi pemimpin dalam rumah tanggamu. Kamu harus bisa memimpin istrimu agar rumah tangga kalian juga bisa berjalan sesuai dengan rencanamu.

Selain itu juga kamu harus punya kemampuan untuk membuat hubungan kalian jauh dari rasa bosan karena waktu yang akan sering kalian habiskan bersama, bagaimana membuat wanita terus merasa nyaman dan bahagia denganmu, bagaimana membuat wanita semakin mencintaimu, dan bagaimana mengatur kepercayaan dan kesetiaan dalam rumah tangga kalian.

Kamu harus bisa menghadapi berbagai permasalahan dalam rumah tangga kalian paling tidak kalau kamu punya 5 kecerdasan ini: kecerdasan emosional, kecerdasan finansial, kecerdasan sosial, kecerdasan seksual dan kecerdasan intelektual.

  • Dengan kecerdasan intelektual, kamu akan menjadi pria yang paham dengan wawasan dan pengetahuan yang kamu miliki.

Kamu akan punya kemampuan untuk berdiskusi tapi tidak menggurui pasangan. Kamu bisa bijak mendengarkan pendapat pasangan dan mengambil keputusan karena kesepakatan berdua.

Kamu harus bisa menjadi pendengar yang baik saat menjadi suami nantinya, karena berumahtangga berarti usaha untuk menyatukan 2 pikiran dan pendapat. Kamu tidak boleh merasa paling benar dan mau menang sendiri.

  • Kecerdasan emosional menjadikanmu pria yang selalu bersikap tenang karena mampu menyeimbangkan otak dan perasaanmu.

Saat terjadi permasalahan dalam rumah tanggamu nanti, kamu harus punya kemampuan untuk menenangkan dirimu sendiri agar kamu bisa mengambil keputusan secara logis, tidak hanya mengandalkan emosimu saja.

Kamu harus mulai mencari tahu cara bagaimana kamu bisa menenangkan dirimu sendiri, apakah kamu butuh waktu sendiri atau kamu melakukan hal yang kamu sukai untuk merilekskan pikiranmu.

  • Kecerdasan sosial mejadikanmu pria yang tahu bagaimana memperlakukan wanita dan membuat wanita selalu nyaman dan betah berlama-lama denganmu.

Itulah kenapa saat kamu masih melajang wajib hukumnya kamu berteman dengan sebanyak-banyaknya pria maupun wanita untuk melatih kemampuan bersosialisasi dan berinteraksi dengan berbagai karakter orang.

Dengan begitu kamu juga lebih punya kemampuan untuk memperlakukan orang sesuai dengan karakter mereka.

  • Kecerdasan finansial menjadikanmu pria yang bisa mengelola keuangan dengan bijak.

Kamu akan tahu mana kebutuhan yang harus kamu prioritaskan dan mana keinginan yang harus kamu tahan. Tahu kapan kamu harus loyal pada pasangan dan tidak boros membeli barang yang tidak kamu butuhkan.

Selain itu kemampuan mu untuk mengarahkan pasangan agar tidak terlalu boros dan membuat perencanaan pemasukan dan pengeluaran bulanan.

  • Kecerdasan seksual menjadikan mu pria yang bisa memahami kebutuhan seks dalam hubungan kalian. Fantasi seks seperti apa yang wanita inginkan dalam hubungan.

Kamu tidak hanya memuaskan fantasi seks kamu tapi juga fantasi seks pasangan dengan mencari tahu apa yang sebenarnya wanita inginkan saat berhubungan intim, hubungan seksual seperti apa yang membuat wanita merasa dipuaskan.

Itulah 5 kecerdasan yang bisa kamu latih dalam diri kamu bersama kami di Pelatihan Memikat Hati Wanita.

mm

Seorang Konsultan & Pelatih Psikologi Cinta yang suka tampil seksi. Novia Moon menjadi “dewi penolong” bagi ratusan pria yang tersesat dalam kegagalan asmara.