Beranilah Mengakui Kesalahanmu Kalau Kamu Melakukan 6 Hal Ini Kamulah Yang Bersalah Dalam Hubungan Kalian

Terkadang karena keegoisan dan kekeras kepalaanmu membuatmu sulit mengalah dan mengakui kesalahanmu. Itu menunjukkan kalau kamu tidak bisa bertanggungjawab dengan apa yang sudah kamu lakukan. Padahal inilah salah satu penyebab masalah yang tidak kamu sadari kamulah sumber masalahnya.

Kamu pasti lebih memilih untuk menyalahkan pasanganmu dulu sebelum kamu introspeksi dan mencari tahu kesalahanmu sendiri.

Kamu terjebak dalam penolakan bahwa bukan kamu sepenuhnya yang bersalah dalam hubungan kalian, bahkan kamu menyalahkan pasanganmu untuk membuatmu merasa aman.

Menyadari dan mengakui kesalahan sendiri memang sulit, apalagi untuk memperbaiki kesalahan yang sudah kamu lakukan, pasti akan lebih sulit lagi. Tapi sebelum kamu berani menyadari dan mengakui kesalahan, setidaknya kamu harus menyadari bahwa kamulah sumber dari permasalahan dalam hubungan kalian kalau kamu melakukan 6 hal ini:

1. Ingin mengubah pasangan sesuai dengan apa yang kamu inginkan

Saat kamu selalu menuntut dan memaksa pasangan untuk berubah menjadi seperti yang kamu inginkan, tapi kenyataannya kamu tidak akan bisa mengubah mereka karena tuntutanmu. Mereka hanya bisa berubah dengan kesadaran mereka saat mereka memang butuh untuk berubah.

Keinginan mengubah pasangan juga disebabkan karena kamu merasa tidak puas dengan dirimu sendiri tapi kamu memilih untuk mengubah pasanganmu, bukannya malah memperbaiki dirimu.

Kalau kamu memulai hubunganmu hanya untuk mengubah pasanganmu, kamulah yang akan menyebabkan hancurnya hubungan kalian saat kamu sudah lelah memintanya berubah dan dia juga bosan dengan semua tuntutan dan paksaanmu.

2. Menolak menyadari dan mengakui kesalahan

Inilah kesalahanmu selanjutnya yang menjadikanmu adalah sumber masalah dalam hubungan kalian. Saat terjadi permasalahan dan pertengkaran, kamu menolak menyadari dan mengakui kesalahan.

Permasalahan dalam hubungan kalian pasti ada andil kesalahan kalian berdua, tapi kalau kamu tetap yakin kamu tidak pernah melakukan kesalahan, kamu lah yang menyebabkan hubungan kalian hancur.

Padahal salah satu tanda hubungan yang sehat adalah adanya cara untuk menyelesaikan permasalahan yang baik, salah satunya adalah dengan keberanian kalian untuk mengakui kesalahan kalian masing-masing.

 3. Melakukan kesalahan yang sama berulang kali

Kamu pasti pernah melakukan kesalahan, pasangan sudah memaafkan dan memberikanmu kesempatan untuk memperbaiki kesalahanmu tapi kenyataannya kamu malah selalu melakukan kesalahan yang sama berulang kali. Itulah yang membuat pasangan tidak bisa memberikan kepercayaannya padamu lagi untuk memperbaiki kesalahanmu lagi dan lagi.

Hilangnya kepercayaan dalam hubungan kalian inilah yang membuat hubungan kalian hancur perlahan dan tanpa kamu sadari kamulah penyebab pasangan tidak bisa memberikan kepercayaannya padamu lagi karena kamu tidak pernah memperbaiki kesalahanmu.

 4. Ekspektasimu yang terlalu berlebihan pada pasangan

Ekspektasi dan harapan dalam sebuah hubungan adalah hal yang wajar selama ekspketasimu pada pasangan tidak berlebihan dan masih realistis. Seperti kamu berharap pasangan bisa sesuai dengan apa yang kamu inginkan, pasangan juga pasti punya ekspektasinya padamu, jadi samakan ekspektasi kalian agar tidak berat sebelah.

Tapi kalau sampai ekspektasimu berlebihan sehingga selalu membuatmu merasa kecewa dengan apapun yang pasanganmu lakukan, artinya kamu harus mengecek lagi apakah harapanmu pada pasangan memang realistis atau tidak.

 5. Tidak bisa kompromi dengan pasangan

Saat kamu tidak bisa berkompromi pada pasangan karena keegoisanmu yang berharap pasangan melakukan semuanya sesuai dengan keinginanmu, inilah kesalahan terbesar dalam hubunganmu dan kamulah penyebabnya. Kamu tidak bisa kompromi dengan kekurangan dan kelebihan pasangan.

Kalau pasangan saja bisa menerima dan berkompromi dengan kelebihan dan kekuranganmu, maka kamu pun harus melakukan hal yang sama padanya. Belajarlah untuk sedikit kompromi pada pasanganmu kalau kamu ingin mempertahankan hubunganmu.

6. Sulit memaafkan dan melupakan kesalahan pasangan

Dan yang terakhir kamu menjadi penyebab masalah dalam hubungan kalian saat kamu sulit memaafkan dan melupakan kesalahan pasangan dimasalalu sehingga setiap ada permasalahan baru kamu selalu menyalahkan pasangan dengan kesalahan masa lalunya.

Itulah kenapa setelah kalian menyelesaikan permasalahan kalian buatlah kesepakatan untuk tidak lagi melakukan kesalahan yang sama dan benar-benar memaafkan dan melupakan kesalahan pasangan kalian. Buat juga kesepakatan untuk memberikan konsekuensi pada pasangan kalian kalau melanggar kesepakatan yang sudah kalian buat.

Menjalin hubungan adalah tentang mempertahankan dan menjaga kerjasama kalian untuk bersama-sama menyelesaikan dan menghadapi setiap permasalahan yang terjadi dalam hubungan kalian.

Dan kerjasama itu bisa kalian lakukan kalau kalian mendapatkan dukungan dari pasangan kalian. Saling mendukung untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi, berani mengakui kesalahan dan bisa memaafkan dan melupakan kesalahan pasangan di masalalu.

Selain kerjasama, kalian juga harus bisa menyikapi setiap permasalahan dalam hubungan kalian dengang kedewasaan kalian. Pasangan yang dewasa selalu menemukan cara untuk menyelesaikan permasalahan dalam hubungan mereka dengan tenang dan tidak saling menyalahkan.

Ketenanganmu dalam menghadapi masalah dalam hubungan kalian bisa kamu lakukan saat kamu punya kecerdasan emosional sebagai seorang pria. Kecerdasan emosional ini yang akan mengajarkanmu untuk menenangkan diri kamu saat terjadi permasalahan, mengendalikan dan mengontrol emosi kamu agar tidak menyakiti dan melakukan kekerasan emosional pada pasanganmu.

Lalu sudahkah kamu punya kecerdasan emosional pria dewasa? Kamu bisa jadikan dirimu pria dewasa yang punya kecerdasan emosional bersama kami di Pelatihan Memikat Hati Wanita.

Tunggu apalagi, kamu bisa daftarkan dirimu dalam Pelatihan Memikat Hati Wanita disini atau kalau memang waktumu terbatas kamu bisa mendapatkan video Pelatihan online dari kami disini.

Materi dalam pelatihan langsung maupun online sama. Hanya saja saat pelatihan langsung kamu bisa praktek dengan banyak teman-teman untuk menantang kemampuanmu berinteraksi dan berkenalan dengan banyak wanita sedangkan untuk pelatihan online kamu sendirian.

Tapi untungnya pelatihan online, kamu bisa download video pelatihannya dan bisa kamu tonton berulang-ulang kapanpun dan dimanapun kamu butuhkan.

 

mm

Seorang Konsultan & Pelatih Psikologi Cinta yang suka tampil seksi. Novia Moon menjadi “dewi penolong” bagi ratusan pria yang tersesat dalam kegagalan asmara.