10 Pelajaran Positif Yang Kamu Dapatkan Dari Perbedaanmu Dengan Pasangan

Banyak orang yang bilang bahwa hubungan yang sukses adalah hubungan yang punya banyak persamaan diantara pasangan. Banyak kesamaan tandanya jodoh, banyak kesamaan pasti cocok dan banyak kesamaan pasti lebih bisa mengerti dan memahami pasangan.

Padahal justru karena banyaknya persamaan inilah yang membuat hubungan kalian malah membosankan, tidak ada yang menantang dalam hubungan kalian.

Pasangan yang punya banyak perbedaan justru akan belajar banyak hal yang tidak bisa dipelajari pasangan yang punya banyak persamaan. Mulai dari perbedaan karakter dan pola pikir kalian.

Hal itu justru membuat hubungan kalian lebih berwarna dan menantang saat terjadi permalasahan. Kalian juga pasti akan lebih belajar untuk memahami dan menerima pasangan kalian.

Dengan perbedaan yang ada diantara kalian, justru kalian akan menjalani hubungan yang lebih menantang karena pasti ada saat kamu dibuat kesal oleh pasangan karena perbedaan karakter kalian.

Selain karakter, perbedaan hobi, makanan, film, musik favorit bahkan cara kalian berkomunikasi juga akan menantang kalian untuk lebih belajar memahami dan menerima pasangan kalian.

Kalau kalian malah bisa menyatukan perbedaan kalian, inilah yang membuat hubungan kalian bisa semakin kuat. Tapi kalau kalian memang merasa sulit menyatukan perbedaan diantara kalian, setidaknya 10 pelajaran positif inilah yang akan menyadarkanmu untuk tidak takut dengan perbedaan dalam hubungan kalian:

1. Perbedaan hobi kalian mengajarkanmu untuk berkompromi dan belajar hal baru untuk menyukai dan ikut berpartisipasi dengan hobi pasangan

Kalau kalian punya perbedaan hobi, justru kamu bisa mencoba hobi yang disukai pasanganmu. Kamu bisa mencari tahu alasan pasangan menyukai hobi tersebut, apa yang dia dapatkan dari hobi tersebut dan apa hal yang menarik dari hobinya.

Dengan begitupun meskipun mungkin kamu tidak tertarik dengan hobi pasangan tapi kamu akan belajar untuk menghargai hobi pasangan.

Kamu tetap bisa melihat pasangan bahagia saat melakukan hobinya meskipun kalian punya hobi yang berbeda. Saat kamu sudah bisa menghargai hobi pasanganmu, saat itu juga pasangan pasti akan belajar untuk menghargai hobi yang kamu sukai juga dengan cara yang sama.

2. Kalian belajar untuk menyatukan perbedaan pendapat dengan lebih dewasa, mengedepankan kemauan untuk mengalahkan ego kalian

Perbedaan karakter sudah pasti membuat kalian juga punya perbedaan isi kepala dan pendapat. Inilah yang membuatmu harus belajar untuk mengedepankan kemauan untuk mengalahkan ego kalian.

Saat sudah berhasil mengalahkan ego kalian inilah yang membuat kalian belajar untuk menyatukan perbedaan pendapat kalian dengan menghormati perbedaan.

Jangan pernah egois, merasa paling benar sendiri dengan pendapatmu. Belajarlah untuk mengatakan perasaan dan pendapatmu dengan lebih terbuka pada pasangan. Cari tahu persamaan dan kompromi dari perbedaan pendapat yang terjadi diantara kalian.

3. Kalian bisa memberikan waktu untuk menikmati waktu kalian sendiri melakukan apa yang pasangan sukai

Karena perbedaan juga kalian belajar untuk memberikan waktu sendiri pada pasangan kalian. Kalian memberikan kebebasan pada pasangan untuk menikmati apa yang mereka sukai begitupun sebaliknya, kamu juga bisa melakukan apa yang kamu sukai.

Tapi pastikan kalian tetap saling mendukung dengan hobi pasangan yang mungkin tidak kamu sukai, tapi kamu tetap harus belajar untuk menghargainya dengan tidak melarang dan membatasinya.

4. Kalian belajar untuk melatih toleransi dan empati untuk lebih memahami pasangan

Kemampuan mu untuk lebih toleransi dan berempati pada pasangan juga bisa kamu latih saat kalian punya perbedaan. Saat kamu merasa tidak suka dengan perbedaan pasangan denganmu, kamu bisa posisikan diri mu sebagai pasanganmu, dengan begitu kamu bisa memahami perasaan pasanganmu.

Pasangan juga harus melakukan hal yang sama. Kalian belajar untuk memahami perasaan pasangan dengan memposisikan diri kalian sebagai pasangan kalian. Pelajaran yang kamu dapatkan saat melakukan ini sudah pasti adala belajar untuk toleransi dan berempati pada kebiasaan pasangan yang kamu benci.

 5. Kalian belajar untuk memberikan kontribusi yang seimbang untuk menyatukan perbedaan kalian

Kalian akan memberikan kontribusi untuk sama-sama berkorban agar hubungan kalian sukses. Tidak mungkin pasangan terus menerus menuruti keinginanmu sedangkan kamu menolak untuk menuruti keingannya kan. Itulah ada saatnya kalian harus bisa mengorbankan ego kalian untuk menyukai apa yang pasangan kalian sukai.

Saat kalian memang merasa tidak bisa memaksakan diri kalian untuk menyukai apa yang pasangan kalian sukai, setidaknya belajarlah untuk mengalah dan berkorban demi hubungan kalian.

6. Kalian belajar untuk menerima perbedaan dengan tidak menuntut pasangan untuk berubah

Meskipun kalian memang punya perbedaan, tapi kalau kalian bisa saling kompromi, kalian pasti bisa mencintai perbedaan kalian. Kamu akan merasa bahagia bisa menjadi bagian dari dunia pasangan yang berbeda jauh dari duniamu.

Kamupun lebih belajar untuk membuka diri dan beradaptasi untuk mencoba hal-hal yang tidak biasa kamu lakukan. Justru mencoba hal yang biasanya tidak kamu sukai akan memberimu pengalaman dan pelajaran mencoba hal baru.

7. Kalian belajar untuk mencari tahu persamaan dan menghargai persamaan yang kalian miliki

Banyaknya perbedaan yang kalian miliki pasti ada salah satu hal yang senang untuk kalian lakukan berdua. Coba cari tahu persamaan dari perbedaan yang kalian miliki itu dan jangan takut untuk mencobanya bersama.

Meskipun mungkin nantinya kalian tidak menyukai apa yang kalian lakukan tapi kalian tetap bisa menertawakan apa yang sedang sama-sama kalian. Sama-sama mencoba melakukan hal yang kalian benci. Jadikan hubungan dan hidup kalian sebagai petualangan kecil yang bisa kalian nikmati bersama dan teruslah mencari kegiatan yang sama-sama cocok untuk kalian berdua.

8. Kalian punya batasan diri untuk merasa dihargai oleh pasangan

Batasan diri membuatmu mendapatkan perlakuan sesuai yang kamu inginkan dari pasangan, bukannya malah menutup diri mu dari pasangan. Dengan batasan diri yang jelas inilah pasangan juga akan lebih menghargai apa yang tidak kamu sukai dan tidak akan memaksakanmu untuk melakukan apa yang memang tidak kamu sukai.

Dengan punya batasan diri juga jamu akan tetap merasa aman dan nyaman dalam hubungan. Misalnya saja batasan diri apa saja yang membuatmu tidak nyaman dalam hubungan kalian, bagaimana cara komunikasi kalian, atau apa hal yang bisa menyinggung perasaanmu dan masih banyak lagi batasan diri yang bisa kamu buat agar pasangan bisa menghargai perbedaan diantara kalain.

 9. Kalian belajar untuk terus berkompromi dan menerima perbedaan

Inilah salah satu keuntungan yang kalian dapatkan saat kalian punya perbedaan, kalian pasti akan belajar untuk lebih kompromi untuk menerima perbedaan diantara kalian. Karena salah satu kunci sukses mempertahankan hubungan adalah adanya kompromi dalam hubungan kalian.

Kompromi ini bisa kalian tunjukkan dalam hal kecil sekalipun, misalnya saja kalian belajar untuk menyukai jenis musik yang pasangan kalian sukai begitupun sebaliknya.

Nantinya kalian pasti punya persamaan dari selera musik yang kalian sukai dan bisa jadi kalian malah punya rencana untuk menonton konser musik sesuai dengan pertimbangan yang adil dan sama-sama menguntungkan untuk kalian berdua.

 10. Kalian sama-sama membuka diri untuk belajar menerima perbedaan masing-masing

Dengan perbedaan yang kalian miliki inilah yang membuat kalian belajar untuk lebih terbuka pada pasangan kalian.

Apa saja yang kalian keluhkan, harapkan dan kecewakan dari pasangan. Kamu akan menyadari bahwa justru perbedaanlah yang membuat kalian bisa saling melengkapi dan cocok selama ini.

Kalian sama-sama belajar memahami bahwa kekurangan pasangan adalah kelebihanmu begitupun sebaliknya, kekuranganmu adalah kelebihan pasangan. Atau bisa jadi kalian selama ini berbeda hanya karena faktor sepele kebiasaan kalian saat libur. Pasangan senang berpetualang ke alam bebas, kamu sukanya mager.

Nah kalian bisa saling mendukung untuk menerima dan menemani pasangan kalian bergantian. Misalnya saja minggu ini kamu ikut pasangan, minggu depannya pasangan yang menemanimu dirumah. Bukankah secara tidak langsung kalian juga belajar untuk kompromi.

Itulah 10 hal positif yang kamu pelajari dari perbedaanmu dengan pasangan. Tidak selamanya persamaan mu dengan pasangan memberikan pengaruh positif dalam hubunganmu dan tidak selamanya juga perbedaan kalian menghambat kalian untuk menyatukan hubungan kalian dalam pernikahan nantinya.

Asalkan kalian tahu cara mengatasi perbedaan yang kalian miliki dengan menerima dan menghargai setiap kekurangan dan kelebihan pasangan, kalian pasti akan sadar bahwa dengan perbedaan yang kalian miliki justru mengajarkan kalian untuk lebih memahami karakter pasangan dan memposisikan diri kalian sebagai orang yang lebih pengertian.

Apapun perbedaan diantara kalian kalau memang komitmen awal kalian menjalani hubungan sudah kuat dan kalian sudah punya kesepakatan untuk menjalani hubungan seperti apa pasti kalian akan selalu menemukan cara dan solusi untuk setiap permasalahan dalam hubungan kalian.

Yang kalian butuhkan hanyalah kerjasama dan kontribusi yang sama dalam mempertahankan hubungan kalian. Hubungan yang dewasa selalu mengedepankan diskusi sebagai komunikasi terbaik mereka untuk menyelesaikan setiap permasalahan.

Mempertahankan hubungan hanya bisa dilakukan oleh pasangan yang sama-sama dewasa dalam menyikapi setiap permasalahan. Karena tidak mungkin ada hubungan yang bebas dari permasalahan, itulah kenapa kalian harus bisa mendewasakan diri kalian kalau memang ingin menjalankan hubungan dewasa yang bisa bertahan sampai pernikahan.

Kalian harus punya kemampuan untuk mengelola hubungan kalian agar bisa bertahan. Mulai dari bagaimana cara mengatasi rasa bosan, bagaimana mengelola kecemburuan, bagaimana memberikan kepercayaan pada pasangan, bagaimana cara untuk setia pada pasangan dan bagaimana menjaga komitmen awal hubungan kalian agar tetap terjaga.

Semua kemampuan itu bisa kamu dapatkan dalam Pelatihan Memikat Hati Wanita. Dalam pelatihan ini kami akan membantumu untuk memperbaiki pola pikirmu tentang cinta dan wanita, melatih dan membiasakanmu menjadi pria idaman wanita yang punya kualitas yang wanita inginkan dari diri kamu (punya nyali, jujur, rasional dan bisa memimpin wanita)

Kemampuan yang sangat sulit dimiliki oleh pria akhir-akhir ini adalah kemampuan memimpin dan mengarahkan wanita, inilah yang terkadang membuat mereka sulit untuk mempertahankan hubungan mereka, karena mereka tidak bisa mengarahkan pasangannya menjadi sesuai dengan keinginannya, bukan merubah tapi hanya mengarahkan pasangannya.

Ketidakmampuanmu memimpin wanita ini karena kamu tidak bisa mengerti dan memahami apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Itulah yang membuatmu sulit untuk mengarahkan mereka. Setidaknya kamu harus bisa memahami 8 karakter wanita ini agar kamu bisa memahani mereka.

Bagaimana dengan dirimu? Apa yang membuatmu sulit mempertahankan hubunganmu selama ini? Apakah juga karena kamu tidak bisa memimpin wanitamu?

Kamu bisa dapatkan kembali kemampuanmu untuk memimpin wanita dalam Pelatihan Memikat Hati Wanita.

Tunggu apalagi, kamu bisa daftarkan dirimu dalam Pelatihan Memikat Hati Wanita disini atau kalau memang waktumu terbatas kamu bisa mendapatkan video Pelatihan online dari kami disini.

Materi dalam pelatihan langsung maupun online sama. Hanya saja saat pelatihan langsung kamu bisa praktek dengan banyak teman-teman untuk menantang kemampuanmu berinteraksi dan berkenalan dengan banyak wanita sedangkan untuk pelatihan online kamu sendirian.

Tapi untungnya pelatihan online, kamu bisa download video pelatihannya dan bisa kamu tonton berulang-ulang kapanpun dan dimanapun kamu butuhkan.

mm

Seorang Konsultan & Pelatih Psikologi Cinta yang suka tampil seksi. Novia Moon menjadi “dewi penolong” bagi ratusan pria yang tersesat dalam kegagalan asmara.