Syarat Wajib Saat Kamu Ingin Berpoligami

Syarat-poligami

 

Ada banyak alasan kenapa seorang pria memutuskan untuk berpoligami. Beberapa diantaranya karena istri tidak bisa memberikan nafkah batin yang memuaskan (mandul), istri tidak bisa diatur, istri sakit berkepanjangan, dll. Itu adalah saat poligami menjadi satu-satunya cara untuk menyelamatkan rumah tangga.

Mungkin paradigma yang berkembang di masyarakat sampai saat ini adalah poligami hanya menguntungkan pihak pria dan merugikan istri pertama. Tapi kalau dipelajari lebih jauh lagi, poligami juga memberikan pelajaran berharga untuk seorang wanita dari segi psikologi.

Istri pertama akan lebih berlajar mengenai kesabaran dan ketulusan. Selain itu istri pertama yang memang ikhlas dan bisa sabar dalam menerima keputusan suami untuk berpoligami juga akan mendapatkan pahala yang luar biasa dan kebahagiaan tentunya.

Kebahagiaan karena bisa bersikap sabar dan ikhlas. Tapi sebelum kamu benar-benar memantapkan niat mu untuk berpoligami, kamu harus memenuhi syarat wajib berpoligami ini:

1. Mampu Memberi Nafkah Lahir Dan Batin

Saat kamu sudah memantapkan niat mu untuk berpoligami, sebelumnya kamu harus menanyakan pada dirimu sendiri, apakah kamu yakin mampu memberi nafkah lahir dan batin untuk kedua istri mu nantinya.

Apakah kamu memang sudah benar-benar mempersiapkan dirimu menanggung tanggungjawab besar dengan menghidupi dan membahagiakan 2 wanita, 2 keluarga. Kalau kamu belum mampu menanggung tanggungjawab besar menghidupi 2 istri, sebaiknya kamu urungkan niatmu daripada kamu kesulitan saat menjalaninya nanti.

2. Mampu Bersikap Adil

Ini adalah syarat kedua yang wajib kamu penuhi saat memutuskan untuk berpoligami. Kamu harus bisa bersikap adil dalam membagi waktu maupun nafkah mu.

Salah satu cara bersikap adil adalah dengan membuat aturan waktu dan keuangan, selalu mendiskusikan dengan kedua istri apa yang tidak mereka sukai dari cara mu memperlakukan mereka, selalu minta nasihat dan kritikan istri apa saja yang perlu kamu perbaiki dari sikapmu.

Jangan hanya bertindak sesuka mu, kedua istrimu juga berhak menerima perlakuan adil menurut mereka. Karena yang menurutmu adil belum tentu adil untuk mereka, jadi selalu komunikasikan dengan kedua istri mu apakah mereka sudah merasa bahwa kamu sudah bisa berbuat adil dan kalaupun belum kamu bisa tanya apa yang perlu kamu perbaiki agar bisa bersikap adil pada keduanya.

3. Mampu Memimpin Istri-Istrinya

Sebelum kamu benar-benar menikahi calon istri keduamu, coba kamu tanyakan pada dirimu sudahkah kamu punya wibawa kepimimpinan pada istri pertama mu? Kalau dengan istri pertama saja kamu tidak bisa memimpinnya, bagaimana mungkin kamu bisa memimpin 2 istri?

Kemampuan memimpin ini diantaranya kamu bisa bertanggungjawab penuh pada istri mu, kamu bisa menyelesaikan setiap permasalahan dalam rumah tangga kalian, kamu bisa mengarahkan dan mengatur istri mu sesuai dengan kesepakatan aturan yang kalian buat bersama termasuk juga saat terjadi konflik antara istri pertama dan kedua, kamu harus bisa mendamaikan mereka.

Kalau kamu merasa belum bisa memimpin istri pertama mu, kamu harus melatih jiwa kepimpinan mu dulu sebelum memantapkan niat untuk berpoligami.

4. Tidak Membanding-Bandingkan Istri Pertama Dan Kedua

Kamu juga tidak boleh membanding-bandingkan istri pertama mu dengan calon istrimu. Justru kamu harus bisa meyakinkan istri pertama untuk menerima istri keduamu dengan cara memberikan alasan logis mu kenapa kamu ingin berpoligami, jangan sampai kamu menyinggung perasaan istri pertama dengan membanding-bandingkannya dengan calon istri kedua mu.

Dan kebiasaan membanding-bandingkan ini juga saat kamu sudah punya dua istri, kamu harus bisa bersikap adil saat memberi pujian pada kedua istrimu, jangan pernah membanding-bandingkan keduanya, karena 2 orang wanita pasti punya kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Kamu tidak perlu menuntut salah satu istrimu menjadi seperti istrimu yang lainnya.

Itu adalah 4 syarat yang wajib kamu penuhi saat kamu sudah memantapkan niat mu untuk berpoligami. Selain ke 4 hal tersebut, masalah utama yang harus kamu hadapi saat ingin berpoligami adalah cara untuk meyakinkan istri pertama mu untuk bersedia dengan ikhlas menerima calon istri kedua, meyakinkan keluargamu (saat kamu sudah punya anak), meyakinkan mertua mu, mendamaikan kedua istri saat terjadi konflik, membentuk keluarga yang rukun saling menyayangi dan menghargai satu sama lain, dan masih banyak lagi tugas yang menunggu mu saat kamu memutuskan untuk berpoligami.

Dan kamu bisa dapatkan semua itu dengan konsultasi privat dengan trainer profesional dari psikologi cinta.com, atau kalau kamu beruntung, kamu bisa konsultasi langsung dengan pendiri dari psikologicinta.com, Hidden Star tentang semua hal yang harus kamu persiapkan saat sudah memantapkan niat mu untuk berpoligami. Kamu bisa daftarkan dirimu disini. Pelatihan Membangun Keluarga Poligami Bahagia.

mm

Seorang Konsultan & Pelatih Psikologi Cinta yang suka tampil seksi. Novia Moon menjadi “dewi penolong” bagi ratusan pria yang tersesat dalam kegagalan asmara.